Beragamnya Kepribadian Calon Wakil Presiden Prabowo, Mulai Dari Eric Thohir, Radwan Kamel, Hingga Gibran

by -259 Views

Liputan6.com, Bandung – Saat ini, Prabowo Subianto belum mengumumkan calon wakil presiden yang akan menjadi pasangannya pada pemilu 2024. Pendaftaran hari pertama telah berlalu, namun identitas calon wakil presiden belum dapat dipastikan. Itu belum diputuskan. Itu dibagikan kepada publik.

Banyak warganet yang mulai bertanya-tanya siapakah yang akan dipilih Prabowo sebagai calon wakil presidennya. Jika dipikir-pikir, ada banyak nama yang bisa menjadi calon wakil presiden Prabowo dan digemari masyarakat.

Mulai dari Menteri BUMN Eric Thohir, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua PBB Yusril Iza Mahindra hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang belakangan ramai diperbincangkan.

Di antara sekian banyak calon wakil presiden, Prabowo Subianto, petahana Prabowo, dan Aliansi Indonesia untuk Kajian Lanjutan (KIM) belum mengungkapkan identitas calon wakil presidennya. Namun belakangan dikabarkan ada dua calon yang mulai menerbitkan Surat Keterangan Karier Kepolisian (SKCK) yang disebut-sebut memenuhi syarat pendaftaran Pilpres 2024.

Berdasarkan pemberitaan Liputan 6, calon wakil presiden yang diusung Prabowo adalah Menteri BUMN Eric Thohir dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihsa Mahindra. Kepala Biro Pers Humas Polri Brigjen Ahmed Ramadan membenarkan informasi tersebut.

“Sejauh ini sudah tujuh orang yang merawat SKCK yang sudah dibebaskan, termasuk Profesor Isril dan Pak Erik Thohir,” kata Ramadhan, Kamis (19 Oktober 2023).

Sebelumnya, Humas PN Jakarta Selatan Djiamto kepada wartawan, Rabu (18 Oktober 2023) mengatakan, PN Jakarta Selatan juga menerbitkan surat keterangan tidak bersalah atas nama pemohon Eric Tohir dan Yusril Ihsa.

Ia mengatakan, “Memang benar PN Namjakarta mengeluarkan beberapa surat keterangan tidak bersalah atas nama pemohon, Izril Iza Mahindra dan Erik Thohir.”

Banyak pertanyaan yang dilontarkan Sekretaris Jenderal Antara (Sikgen) Girindra Ahmed Mazani soal siapa calon cawapres Prabowo. Dia bilang dia masih muda.

“Indonesia adalah negara kaya dengan jumlah penduduk jutaan, dan kami ingin memberikan isyarat halus kepada calon wakil presiden Pak Prabowo dengan satu sajak: kami ingin Indonesia menang. Prabowo dan pemuda adalah solusinya. ” dia berkata.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ahmed Mazani menambahkan baris pantun lain terkait karakter calon wakil presiden Prabowo. Ia mengatakan, tokoh-tokoh tersebut memiliki pengalaman di pemerintahan.

“Saya beli pisang sambil naik sepeda, lalu mampir di Stasiun Balaban dalam perjalanan pulang. Nanti bakal diumumkan calon wakil presidennya, karena Pak Prabowo adalah orang yang banyak pengalaman di pemerintahan,” ujarnya.

Meski tak merinci apa maksud pantun tersebut, namun ia lebih tertarik dengan sosok Gibran Rakabuming Raka. Namun yang pasti, keputusan mengenai cawapres Prabowo belum diumumkan.

Meski demikian, saat ini banyak masyarakat, terutama pendukung Prabowo, yang kurang setuju jika sosok yang mendampingi Prabowo adalah Gibran. Sejalan dengan itu, ekspektasi masyarakat terhadap pengumuman pencalonan Wakil Presiden Prabowo semakin meningkat.

Sekretaris Jenderal Partai Zirindra Ahmad Muzani mengatakan calon wakil presiden yang diusung Prabowo Subianto kemungkinan besar akan diumumkan setelah rapat umum (Kitum) Partai Aliansi Indonesia untuk Kemajuan (KIM).

Di sisi lain, Ahmed Mezni berharap calon wakil presiden segera diumumkan usai pertemuan. Ini tidak akan memakan waktu satu atau dua hari, tapi dia berharap pengumumannya akan datang dalam beberapa jam.

Dia mengutip Antara yang mengatakan, “Saya harap ini bukan satu atau dua hari, (melainkan) waktu. Saya harap begitu.”

Sebelumnya diberitakan, pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 dimulai pada Kamis (19 Oktober 2023). Pendaftaran ditutup pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Sedangkan pada tanggal 19 hingga 24 Oktober, pendaftaran dilakukan mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Pendaftaran selanjutnya dapat dilakukan pada hari terakhir yaitu 25 Oktober pukul 08:00 hingga 23:59 WIB.