Juara Dunia: Atlet Karate Indonesia Mengunjungi Sekolah Republik Indonesia Di Tokyo

by -172 Views

Liputan6.com, Tokyo – Juara dunia karate Indonesia mengunjungi Sekolah Republik Indonesia (SRIT) di Tokyo untuk menggelar pameran bersama siswanya. Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Ahmadi pun memuji prestasi juara dunia tersebut.

Dua puluh tiga atlet karate Indonesia berhasil meraih medali pada Kejuaraan Dunia World Karatenomichi Federation (KWF) di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan keterangan KBRI Tokyo, Kamis (19 Oktober 2023), turnamen yang digelar pada 9 hingga 15 Oktober 2023 ini diikuti 23 negara. Tim Indonesia meraih satu medali emas, satu perak, dan empat perunggu.

“Selamat kepada atlet karate Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prestasi luar biasa tersebut merupakan suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia. Menyambut 23 atlet karate Indonesia, KBRI Tokyo persembahkan Kejuaraan Dunia Indonesia Kami selalu dukung partisipasi anda dalam kompetisi” Saya dari Akademi Seni Karate Indonesia (ASKI), KBRI Tokyo.

Rombongan karate tersebut juga tampil di Sekolah Republik Indonesia (SRIT) Tokyo pada Selasa, 17 Oktober 2023. Harapan kami dengan adanya pertunjukan pencak silat ini dapat memotivasi para siswa untuk mengikuti latihan pencak silat karate. Atdikpod Yosli Wardyatno dari KBRI Tokyo dan Ketua SRIT Ari Dryaningsih turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua Tim Karate Indonesia Agus Suardi mengaku senang bisa membawa siswanya ke SRIT dan menggelar pameran karate. “Kami berharap pameran ini tidak hanya menarik perhatian mahasiswa SRIT, tetapi juga menumbuhkan kedisiplinan, kerendahan hati, dan kejujuran yang melekat pada seni bela diri karate,” kata Agus.

M. Haretz Ramadan Syahlan, salah satu siswa kelas 12 mengaku tertantang untuk menirukan jurus-jurus karateka yang terkesan mudah. “Saya sangat bangga dengan momen ini karena bisa berinteraksi langsung dengan para atlet karate peraih medali di Kejuaraan Dunia,” ujarnya.

Kabar menggembirakan sebelumnya diberitakan dari Akademi Karate Bela Diri Indonesia (ASKI)/KWF Indonesia. Enam medali berhasil mereka raih pada Piala Dunia KWF ke-10 2023 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Indonesia menampilkan 10 Askii Karateka pada Kejuaraan Dunia World Karatenomici Federation (KWF) yang diikuti 23 negara peserta.

Hasil akhir bagi Indonesia adalah medali emas untuk Muhammad Al Bara pada kategori kata U-14-15 dan medali perak untuk Poundra Azka pada kategori kata U-8-9.

Kemudian Mohammed Ghathaaf meraih empat medali perunggu pada kategori kata U-12-13, Rebecca Angela pada kategori kumite U-18-45, dan Bogan Waruto pada kategori kumite U-50-59.Moh Al-Barra menjadi juara pada kategori tersebut. Di bawah 14-15 tahun.

Ketua Dewan Guru ASKI Ucok Marisi Sihotang mengatakan, sebagai rookie, perolehan medali yang diraih atlet karateka ASKI tentu mengejutkan dan sangat membanggakan. Menurutnya, pencapaian tersebut mengejutkan negara lain dan membuktikan besarnya potensi pemain Indonesia di masa depan.

“Saya sangat senang dan bangga melihat atlet ASKI/KWF Indonesia mampu menunjukkan prestasinya di forum internasional dan mengharumkan nama negara,” ujarnya. “Saya telah menjadi anggota KWF selama lebih dari 15 tahun.” “.