Prabowo melawan Ganjar melawan Anies

by -170 Views

Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden (capres) setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia capres-cawapres. Berdasarkan hasil survei tersebut, Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada tanggal 16-18 Oktober 2023 dengan melibatkan 1.229 responden. Survei dilakukan melalui wawancara telepon kepada individu warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei ini dilakukan setelah putusan MK yang menyatakan bahwa calon capres dan cawapres yang berusia di bawah 40 tahun boleh maju asalkan memiliki pengalaman sebagai kepala daerah.

Metode pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan dengan random digit dialing (RDD), yaitu teknik memilih sampel secara acak melalui proses pembangkitan nomor telepon. Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang telah terlatih. Sampel survei ini mencakup tingkat populasi nasional yang bisa dijangkau dengan telepon sebesar 83%. Margin of error dalam survei ini adalah ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan hasil simulasi elektabilitas calon presiden teratas setelah putusan MK. Dia menyebutkan bahwa Prabowo Subianto mendapatkan persentase elektabilitas sebesar 35,8%, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan persentase 30,9%, dan Anies Baswedan dengan persentase 19,7%.

Berikut adalah hasil survei elektabilitas calon presiden:

– Prabowo Subianto 35,8%
– Ganjar Pranowo 30,9%
– Anies Baswedan 19,7%
– TT/TJ 13,6%

Hasil survei ini memberikan gambaran mengenai preferensi masyarakat terhadap calon presiden pasca putusan MK. Djayadi menambahkan bahwa jika pemilihan presiden dilakukan saat ini dengan ketiga nama tersebut, Prabowo Subianto akan memperoleh suara terbanyak sebesar 35,8%.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi link berita berikut: [Klik di sini](https://news.detik.com/pemilu/d-6995853/survei-capres-lsi-pasca-putusan-mk-prabowo-358-ganjar-309-anies-197)