Siapa Alumni UGM yang Mendominasi di Pentas Pilpres 2024?

by -153 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Mayoritas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM). Siapa saja calon-calon tersebut?

Sebelumnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai capres dan cawapres 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023).

Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga resmi mendaftar sebagai capres dan cawapres Pilpres 2024 dengan menyerahkan berkas ke KPU pada Kamis (19/10) siang.

Sementara itu, calon presiden Prabowo Subianto baru saja mendeklarasikan dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2024 pada Minggu (22/10/2023) malam.

Berikut ini adalah daftar capres dan cawapres yang merupakan lulusan UGM:

1. Ganjar Pranowo: lulusan Fakultas Hukum UGM dan juga melanjutkan pendidikan pasca sarjana (S2) di Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Politik.
2. Mahfud MD: lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM jurusan Sastra Arab. Juga merupakan alumnus Fakultas Hukum UII Yogyakarta, serta melanjutkan studi di UGM dengan mengambil program pascasarjana (S2) Ilmu Politik dan program doktoral (S3) Ilmu Hukum Tata Negara.
3. Anies Baswedan: lulusan Fakultas Ekonomi UGM tahun 1995.
4. Muhaimin Iskandar alias Cak Imin: lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM tahun 1991. Kemudian melanjutkan pendidikan magister di UI jurusan komunikasi pada tahun 2001.

Selain itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka merupakan lulusan Management Development Institute of Singapore pada tahun 2007. Ia juga melanjutkan pendidikan di program Insearch, University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia dan lulus pada tahun 2010.

Demikianlah daftar calon presiden dan calon wakil presiden yang merupakan lulusan UGM.