Bocorkan Isu Jokowi 3 Periode, 2 Tokoh PDIP Menghubungi Gibran dan Prabowo

by -158 Views

Dua tokoh PDI Perjuangan (PDIP) membuka diskusi tentang skenario masa jabatan tiga periode untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dua tokoh tersebut adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Adian Napitupulu.

Yang menarik, PDIP mengambil langkah ini setelah Gibran Rakabuming Raka memilih Prabowo Subianto sebagai calon wakil presidennya.

Hasto mengakui bahwa isu tiga periode memang ada, dan PDIP menolak hal tersebut. Dia mengatakan permintaan untuk tiga periode tersebut datang langsung dari sejumlah petinggi partai.

“Jadi saya sendiri mengalaminya. Ketika saya sedang ziarah di Makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big datanya, ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode,” kata Hasto usai menghadiri deklarasi Yenny Wahid mendukung Ganjar-Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, seperti yang dikutip dari detikcom, Sabtu (28/10/2023).

Hasto juga mengaku mendengar sejumlah ketua umum partai menyebut isu itu sebagai permintaan langsung dari Jokowi.

Sementara itu, Adian Napitupulu mengatakan bahwa keretakan hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi bermula dari isu presiden tiga periode.

Dikutip dari CNN Indonesia, Mega dan PDIP sempat diminta untuk mendukung rencana itu. Namun, mereka menolak. Menurut Adian, penolakan itu menjadi awal mula memburuknya hubungan Mega dengan Jokowi.

“Kemudian ada pihak yang marah, ya terserah mereka. Yang jelas kita bertahan untuk menjaga konstitusi. Menjaga konstitusi adalah menjaga republik ini. Menjaga konstitusi adalah menjaga bangsa dan rakyat kita,” kata Adian dalam keterangannya, seperti yang dikutip Sabtu (28/10/2023).

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno Faldo Maldini membantah bahwa hubungan Jokowi dengan Mega memburuk. Dia bahkan bertanya balik mengenai dasar Adian yang mengungkap hal itu.

“Kalau tidak ada bukti, bisa jadi fitnah. Kalau dari kami, tersenyumlah saja. Kita sama-sama menahan diri, tidak perlu memperkeruh situasi,” ucap Faldo.

Selengkapnya: “Dua Tokoh PDIP Buka-Bukaan soal Skenario 3 Periode Jokowi” (CNBC Indonesia)