Jumlah Kekayaan Prabowo-Gibran Mencapai Rp 2,42 Triliun dengan Jumlah yang Luar Biasa!

by -153 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Koalisi Indonesia Maju secara resmi mendaftarkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024. Pendaftaran pasangan calon ini dilakukan pada 25 Oktober kemarin, hari terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum.

Pemilihan Presiden 2024 akan menjadi pertarungan ketiga bagi Prabowo dalam merebut kursi nomor 1 di Republik Indonesia. Sebelumnya, dia dua kali kalah dari Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Setelah mengalami kekalahan dalam Pilpres 2019, Prabowo, yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra, akhirnya bergabung dengan pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Pertahanan. Selain memiliki latar belakang militer, Prabowo juga memiliki sejumlah perusahaan, seperti Nusantara Energy, PT Kertas Nusantara, dan PT Kiani Hutani Lestari.

Sementara itu, Gibran merupakan Wali Kota Solo. Sebelum menjabat sebagai kepala daerah, anak sulung Presiden Jokowi ini dikenal sebagai pengusaha di industri kuliner. Dua merek yang pernah dikenalkan oleh Gibran adalah Goola, yang menjual minuman tradisional dengan kemasan modern, dan Ternakopi.

Prabowo-Gibran adalah satu-satunya pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Berapa harta yang mereka miliki dari usaha mereka dan bisa menjadi modal dalam Pilpres 2024? Berikut ini adalah rincian harta kekayaan keduanya yang dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Prabowo Subianto

Prabowo adalah calon presiden terkaya yang akan berlaga dalam Pilpres 2024. Menurut LHKPN KPK per 31 Maret 2023, kekayaan Prabowo mencapai Rp 2,03 triliun.

Harta Prabowo terdiri dari 10 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 275,32 miliar; alat transportasi dan mesin (7 mobil dan 1 motor) senilai Rp 1,26 miliar; harta bergerak lainnya senilai Rp 16,41 miliar; kas dan setara kas senilai Rp 2,52 miliar; dan harta lainnya senilai Rp 45 miliar.

Kekayaan Prabowo didominasi oleh surat berharga dengan nilai Rp 1,7 triliun. Selain itu, Prabowo juga memiliki utang sebesar Rp 8 miliar.

Gibran Rakabuming Raka

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, memiliki harta senilai Rp 26,03 miliar per 31 Januari 2023.

Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 17,33 miliar. Properti Gibran tersebar di dua kota, yaitu 5 di Surakarta dan 2 di Sragen.

Gibran juga memiliki alat transportasi dan mesin dengan total nilai Rp 332 juta. Beberapa kendaraan yang dimiliki berdasarkan data LHKPN KPK antara lain Honda Scoopy tahun 2015, motor Honda CB-125 tahun 1974, motor Royal Enfield tahun 2017, mobil Toyota Avanza tahun 2016, mobil Toyota Avanza tahun 2012, mobil Isuzu Panther tahun 2012, dan mobil Daihatsu Gran Max tahun 2015.

Selain itu, Gibran juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 260 juta. Dia juga melaporkan utang sebesar Rp 551,59 juta.

Total Harta Prabowo-Gibran

Jika digabungkan, total kekayaan Prabowo-Gibran membuat mereka menjadi pasangan presiden dan wakil presiden yang paling kaya. Total kekayaan Prabowo-Gibran adalah Rp 2,42 triliun.

Artikel Selanjutnya
Bakal Jadi Bacawapres Prabowo, Gibran Mundur dari PDIP?

(wur)