PBB Mengeluarkan Peringatan Keras kepada Israel atas Gaza yang Terbakar

by -173 Views

Israel melancarkan serangan darat dan udara dijalur Gaza pada Jumat (27/10) malam yang menyebabkan akses komunikasi di area tersebut terputus. Banyak bangunan dan rumah warga hancur, dan banyak warga tidak dapat mengetahui keberadaan keluarga mereka.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk aksi Israel melalui akun Instagram pribadinya. Menurutnya, dunia internasional seharusnya menggunakan gencatan senjata sebagai kesempatan untuk “jeda” sejenak. Namun, ia kecewa karena serangan Israel justru semakin meningkat dan sangat merusak, menghancurkan tujuan kemanusiaan.

Sebelumnya, 120 negara sepakat agar Israel dan Hamas melakukan gencatan senjata kemanusiaan, namun 14 negara, termasuk Amerika Serikat dan Israel, menolak kesepakatan tersebut.

Guterres kembali mendesak untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan, pembebasan sandera tanpa syarat, dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza. Ia menyebut situasi saat ini harus diubah, dan sejarah akan menilai perbuatan kita semua.

Artikel Selanjutnya: Heboh Ciri ‘Negara Gagal’, Ini Isi Pidato Lengkap Sekjen PBB!