Peringatan RI Terhadap Gejala Gorilla El Nino, Apa yang Dimaksud dengan itu?

by -174 Views

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan bahwa kemarau panjang dan suhu tinggi akibat fenomena El Nino belum akan berakhir dalam waktu dekat. Tim Variabilitas, Perubahan Iklim, dan Awal Musim (TIVIPIAM) BRIN menemukan tanda-tanda akan terjadinya Gorila El Nino atau kemarau yang semakin parah di Indonesia.

Menurut Ketua TIM TIVIPIAM BRIN, Erma Yulihastin, pengukuran indeks dan kekuatan El Nino dilakukan dengan membagi area di sekitar Samudera Pasifik menjadi 4 bagian. Area 1 dan 2 adalah wilayah timur Pasifik yang mengarah ke negara Peru, sedangkan area 3 dan 4 merupakan wilayah barat Samudera Pasifik yang berpengaruh kepada kondisi iklim Indonesia. Ketika fenomena El Nino bergerak ke area 3 dan 4, kemarau akan bertahan lebih lama dengan intensitas yang lebih kuat, seperti yang terjadi pada El Nino tahun 2015.

Erma juga menjelaskan bahwa El Nino tahun 2015 berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, dan disebut sebagai Gorila El Nino oleh ahli El Nino dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Michael McPhaden. Nama tersebut disematkan karena periode waktunya dan tingginya intensitas El Nino tersebut. Saat ini, tanda-tanda terjadinya Gorila El Nino sedang diwaspadai, karena kekuatan El Nino sedang menuju area 3 Samudera Pasifik yang semakin mendekati wilayah Indonesia.

Meski demikian, Erma mengatakan bahwa belum ada yang bisa memastikan apakah Gorila El Nino akan terjadi di Indonesia. Peneliti masih terus memantau perkembangan cuaca di Samudera Pasifik. Banyak ahli menduga bahwa fenomena Gorila El Nino disebabkan oleh suhu bumi yang naik lebih dari 1,5 derajat Celsius akibat perubahan iklim. Banyak badan klimatologi dunia sedang berusaha membuat pemodelan cuaca yang lebih akurat dengan menghitung perbedaan suhu tersebut.

Artikel ini dapat diakses pada link berikut: [CNBC Indonesia](https://www.cnbcindonesia.com/news/20231029113853-4-345464/mengapa-el-nino-di-indonesia-dapat-jadi-armageddon?tag_from=wp_zw)