Konglomerat Indonesia Membangun Rumah Sakit di Kawasan IKN, Presiden Jokowi Mengekspresikan Pendapatnya

by -152 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Rumah Sakit (RS) kedua di Ibu Kota Nusantara pada Rabu (1/11/2023). Rumah sakit swasta ini dibangun oleh Mayapada Group.

“Ini adalah Rumah Sakit kedua yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara, yaitu Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara,” kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Rumah sakit ini akan menerapkan konsep hijau yang bersifat efisien dan melestarikan energi. Bangunan yang akan dibangun ramah lingkungan, dan 20% dari total luasannya akan digunakan sebagai area hijau.

“Saya berharap Mayapada Hospital dapat menjadi contoh Rumah Sakit yang benar-benar ramah lingkungan,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga berpesan agar pembangunan Rumah Sakit milik konglomerat Indonesia, Dato Sri Tahir, ini dapat memberikan pelayanan yang profesional dan mampu menangani kasus kesehatan yang kompleks bagi masyarakat, pemerintah, dan perusahaan asing. Termasuk juga melayani pasien yang menggunakan kartu BPJS.

Dia juga menargetkan bahwa rumah sakit ini dapat beroperasi pada semester kedua tahun 2024. Rumah sakit ini akan memberikan pelayanan untuk ibu dan anak, gawat darurat, serta penanganan penyakit jantung, stroke, dan ortopedi.

Dengan adanya rumah sakit ini, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk berobat. Sebagai catatan, hampir 2 juta masyarakat Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat ketika sakit.

“Dan itu membawa uang ke luar, yaitu capital outflow. Hampir lebih dari Rp 100 triliun setiap tahun masyarakat membawa uang ke luar negeri untuk berobat,” tutup Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Jokowi Ngeluh Lagi: Jakarta Sangat Padat, Macet Dimana-mana