Survei LSJ: Prabowo-Gibran Dipilih oleh Generasi Milenial dan Gen Z Menjelang Pemilihan Presiden 2024

by -117 Views

JAKARTA – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil riset terbaru mereka menjelang Pemilu 2024, menyoroti kecenderungan perilaku memilih di antara warga negara Indonesia. Salah satu hasil menonjol dari riset tersebut adalah preferensi generasi muda, terutama milenial dan Gen Z, yang cenderung mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan ini, berdasarkan survei, unggul atas pasangan lainnya seperti Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Survei LSJ, yang dilakukan pada tanggal 18 s/d 26 Oktober 2023 dengan sampel sebanyak 1200 responden dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 44 persen di antara pemilih kelompok milenial.

Sementara itu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 34,1 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 16,9 persen. “Prabowo-Gibran dinilai publik sebagai kombinasi paling ideal serta paling disukai dan paling banyak dipilih oleh generasi milenial dan gen-Z,” ungkap Peneliti Senior LSJ, Fetra Ardianto, pada Selasa (31/10/2023).

Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa, menjelaskan keberpihakan Prabowo kepada generasi muda dilihat dengan pilihannya terhadap Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

“Langkah yang dipilih Prabowo menjadi bukti kuat keberpihakan kepada anak muda untuk menjadi pemimpin,” ujar Solissa.

Pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur, Singgih Manggalou, mengamini popularitas pasangan Prabowo-Gibran di kalangan pemilih muda.

“Pemilih Milenial dan Gen Z yang gandrung atas seorang wapres yang relatif lebih muda dari kandidat lain dan itu narasinya mampu meyakinkan publik terutama pemilih pemula,” kata Singgih pada Selasa (31/10/2023).

Memasuki tahun pemilihan, dukungan generasi muda terhadap pasangan ini akan menjadi salah satu faktor kunci dalam dinamika pemilihan presiden Indonesia 2024. (SENOPATI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *