Pemerintah Indonesia Mengakuisisi 14% Saham Vale Melalui Divestasi

by -160 Views

Pemerintah, dalam hal ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengumumkan bahwa pelepasan divestasi saham PT Vale Indonesia ke Holding Industri BUMN Pertambangan MIND ID telah diputuskan. Saham Vale yang akan dialihkan ke Holding Tambang rencananya sebesar 14%.

Arifin menjelaskan, saat ini MIND ID memiliki saham di PT Vale Indonesia sebesar 20%. Hal ini berarti jika bertambah sebesar 14%, maka total kepemilikan saham di PT Vale Indonesia oleh MIND ID akan mencapai 34%.

“Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14%, berarti dengan itu MIND ID bisa memiliki 34% dan itu mayoritas dari yang lain,” kata Arifin di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (10/11/2023).

Arifin juga menjelaskan bahwa divestasi saham Vale Indonesia telah dilakukan pada tahun 1990. Saat itu, Vale Indonesia sempat menawarkan saham sebesar 20% kepada pemerintah Indonesia, namun karena tidak diambil, saham tersebut akhirnya dilepas ke bursa.

Kini, kepemilikan saham Vale di Indonesia melalui MIND ID hanya sebesar 20%, sementara sebesar 20,7% lagi tersebar di pasar saham Indonesia. Pemegang mayoritas saham Vale saat ini dipegang oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan komposisi 44,3% saham, dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) sebesar 15%.