Prabowo Subianto Mendapat Penghargaan Militer Puncak dari Singapura: Kerjasama Pertahanan Indonesia-Singapura Semakin Kokoh

by -99 Views

Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, telah resmi menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam, pada hari Selasa, 21 November 2023. Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan di Istana Kepresidenan Singapura, menandai peningkatan yang signifikan dalam hubungan pertahanan antara kedua negara.

Dalam pidatonya, Prabowo menyatakan rasa hormat dan apresiasinya. “Saya merasa terhormat menerima penghargaan ini. Ini menunjukkan bahwa hubungan pertahanan kita dengan Singapura terus meningkat,” ujar Prabowo di Bandara Seletar, Singapura.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dikenal sebagai penghargaan militer tertinggi yang diberikan kepada individu yang memberikan kontribusi luar biasa dalam kerjasama militer. Tidak hanya kepada tentara Singapura, penghargaan ini juga diberikan kepada pihak luar yang memiliki peran penting dalam kerja sama pertahanan dengan Singapura.

Seorang perwakilan pemerintah Singapura menyatakan, “Sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2019, Yang Mulia Prabowo Subianto telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Republik Indonesia dan Republik Singapura.”

Selama masa jabatannya, Prabowo telah mempromosikan kolaborasi yang lebih erat antara lembaga pertahanan kedua negara, termasuk pengawasan latihan militer bersama seperti Latihan Safkar Indopura dan Latihan Super Garuda Shield. Hal ini menandai era baru kerjasama pertahanan yang lebih intensif antara Indonesia dan Singapura.

Kunjungan Prabowo ke Singapura, yang berlangsung selama dua hari, juga mencakup pembahasan tentang perkembangan keamanan regional dan upaya memperkuat hubungan kedua negara. Prabowo juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, untuk membahas topik serupa.

Penganugerahan ini tidak hanya mencerminkan hubungan pertahanan yang erat antara Indonesia dan Singapura, tetapi juga menunjukkan pengakuan internasional terhadap kontribusi Prabowo dalam memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Hubungan ini diharapkan akan terus berkembang, membawa manfaat bagi kedua negara dalam konteks regional dan global. (SENOPATI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *