Pecah! Inilah Kampanye Pertama Anies, Prabowo & Ganjar

by -181 Views

Kampanye Pemilu 2024 dimulai hari ini. Para Pasangan Calon (Paslon) mulai bergerak ke berbagai titik untuk menjaring dukungan. Periode kampanye digelar selama 75 hari, dimulai pada hari ini Selasa 28 November 2023 – 10 Februari 2023, kemudian 11 Februari 2024 – 13 Februari 2024 masuk pada hari tenang, sebelum pemungutan suara serentak yang dilakukan 14 Februari 2023.

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo – Mahfud MD, dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar memulai kampanyenya. Prabowo melakukan rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Selasa (28/11/2023). Dari pengamatan, Prabowo tiba di Istana Bogor sekitar pukul 14.36 WIB. Tidak hanya Prabowo, beberapa menteri lainnya yang juga hadir di Istana Bogor seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hingga Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Gibran Rakabuming Raka memilih bekerja biasa di Balai Kota Solo. Walikota Solo ini mengaku ingin menuntaskan sejumlah pekerjaannya. Meski capres dan cawapres paslon nomor urut 2 ini tidak melakukan kampanye di hari pertama, tim pemenangannya yakni Tim Kampanye Nasional (TKN) diketahui membagikan makan siang gratis untuk anak sekolah dan serta bantuan gizi untuk anak dan ibu hamil yang dilakukan serentak di berbagai daerah.

Ganjar – Mahfud melakukan kampanye di Merauke, Papua Selatan, karena kecintaannya terhadap masyarakat Papua. Cawapres Mahfud MD melakukan kampanye di Sabang, Aceh, untuk memeratakan pembangunan ekonomi di semua wilayah di Indonesia.

Anies Baswedan mengawali kampanyenya di kawasan Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, dan bergeser melakukan kampanyenya di GOR Ciracas Jakarta Timur serta GOR Laga Tangkas Pakansari Bogor. Cak Imin memulai kampanyenya di Jombang Jawa Timur, mengunjungi beberapa tempat.

Demikianlah tahapan awal kampanye Pemilu 2024 yang dilakukan oleh calon presiden dan wakil presiden serta tim kampanye mereka. Semoga kampanye ini dapat berjalan dengan lancar dan damai hingga pemungutan suara pada 14 Februari 2023.