Hasil dari 9 Survei Terbaru Capres di Pemilihan Presiden RI menunjukkan Anies-Prabowo-Ganjar

by -143 Views

Gambar yang ditampilkan menunjukkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah menandatangani deklarasi kampanye pemilu damai 2024.

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemilihan presiden (pilpres) akan segera berlangsung pada 14 Februari 2023. Setidaknya ada tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bertanding.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berada di nomor urut satu. Sementara Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berada di nomor urut kedua. Pasangan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berada di nomor urut ketiga. Sejak 28 November lalu, para kandidat telah memasuki masa kampanye.

Namun, bagaimana hasil survei mereka sejauh ini? Siapa yang unggul? Berikut rangkuman dari CNBC Indonesia, Jumat (1/12/2023).

1. TKN Jawa Barat
Dalam update terbarunya, Kampanye Daerah (TKD) pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Barat mengklaim kemenangan pasangan tersebut di wilayah ini. Survei internal menunjukkan elektabilitas tinggi Prabowo-Gibran, diikuti Anies Baswedan-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

2. Survei IRC
Survei Ide Cipta Research & Consulting (ICRC) menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran meraih elektabilitas tertinggi dibandingkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin.

3. LPI
Survei LPI menunjukkan Ganjar-Mahfud berada di urutan pertama disusul Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin.

4. LSI Denny JA
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Dennya JA juga menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran unggul dalam perhitungan elektabilitas.

5. LSN
Survei LSN menunjukkan Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas tertinggi di antara pesaingnya.

Demikianlah rangkuman hasil survei dari berbagai lembaga terhadap para pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam pilpres 2023.