Dampak Iklim dan Hama terhadap Harga Cabai: Bagaimana Mengatasi Masalah Ini?

by -159 Views

Deputi bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), I Gusti Ketut Astawa, memastikan bahwa harga cabai terus mengalami kenaikan yang signifikan bahkan di beberapa daerah hingga mencapai Rp 90.000/kg.

Bapanas terus berkoordinasi dengan Kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementan dan para petani, untuk mengantisipasi gangguan pasokan yang disebabkan oleh dampak El Nino, serta mendorong peningkatan produksi cabai. Selain itu, upaya dilakukan untuk memfasilitasi distribusi cabai dari wilayah produsen yang tinggi ke daerah-daerah yang kekurangan pasokan.

Sementara itu, Kepala CFESD INDEF, Abra El Talattov, menyatakan bahwa masalah iklim masih menjadi risiko yang mengganggu produksi pangan dan berpotensi menyebabkan inflasi. Namun, seharusnya risiko ini dapat diminimalisir karena sudah diproyeksikan sebelumnya.

Bagaimana dampak dan upaya untuk menekan kenaikan harga pangan? Untuk informasi lebih lanjut, simak dialog antara Safrina Nasution dengan Deputi bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), I Gusti Ketut Astawa, dan Kepala Centre of Food, Energy and Sustainable Development (CFESD) INDEF, Abra El Talattov dalam program Squawk Box, CNBC Indonesia (Jum’at, 01/12/2023).