Ashoka yang Agung – prabowo2024.net

by -182 Views

Prabowo Subianto mengangkat topik tentang Ashoka yang Agung sebagai pemimpin yang toleran dan menjalankan nilai-nilai kemanusiaan. Ashoka Agung adalah seorang kaisar India dari Dinasti Maurya yang memerintah hampir seluruh sub-benua India dari 268 SM hingga 232 SM.

Ashoka dikenal memiliki kualitas kepemimpinan yang kuat sejak remaja. Dia pernah ditugaskan ke Pakistan untuk mengatasi pemberontakan dan kemudian ditunjuk sebagai Raja Muda di India Tengah setelah kematian ayahnya. Untuk mempertahankan kekuasaannya, Ashoka bahkan membunuh beberapa saudara laki-lakinya.

Selama memerintah selama 37 tahun, Ashoka mampu membangun kekuatan militer yang besar dengan memiliki 600.000 tentara dan 9.000 gajah perang. Namun, setelah mengalami pencerahan batin, Ashoka memeluk agama Buddha dan bersumpah untuk mengurangi pertumpahan darah.

Pemerintahannya kemudian dikenal karena toleransinya dan mengutamakan kemanusiaan. Ia juga mengajarkan ajaran yang menentang perang ke dalam ideologi politik yang disebut Dhamma.

Prabowo Subianto menekankan bahwa perjalanan hidup Ashoka, dari pribadi yang keras menjadi pemimpin yang bijaksana, menjadikan dinastinya dikenal bukan hanya sebagai kekuatan besar, tetapi juga sebagai peradaban besar.