Apakah Pemilu 2024 Akan Mengubah Tatanan Global dan Melibatkan Pilpres RI?

by -156 Views

Indonesia akan segera melaksanakan pemilihan umum (pemilu) tahun depan bersamaan dengan banyak negara lain di seluruh dunia yang akan melakukan pemilu pada 2024. Beberapa negara yang pemilunya harus diperhatikan karena dianggap akan mempengaruhi tatanan global, seperti Amerika Serikat, Rusia, India, Uni Eropa, dan Meksiko.

Pemilu di Amerika Serikat pada tahun 2024 akan menjadi kontes yang menarik, di mana petahana Joe Biden akan bersaing untuk tetap berkuasa hingga usia 86 tahun melawan mantan presiden Donald Trump. Kampanye pemilihan presiden AS tampaknya akan dipenuhi dengan disinformasi, terutama setelah berakhirnya pemilu terakhir yang berakhir dengan pendukung Trump menyerbu gedung Capitol AS.

Di Rusia, Presiden Vladimir Putin berharap untuk memperpanjang masa jabatannya hingga tahun 2030 dengan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima. Putin telah mengubah konstitusi Rusia pada tahun 2020 sehingga ia dapat tetap berkuasa hingga tahun 2036, yang membuatnya berpotensi berkuasa lebih lama daripada Joseph Stalin.

Di India, hampir satu miliar warga akan memilih perdana menteri pada 2024, di mana PM Narendra Modi dan partai nasionalisnya BJP akan mengincar masa jabatan ketiga. Meskipun berhasil meningkatkan posisi India di panggung global, Modi juga menuai kritik terutama terkait dengan tindakan keras terhadap kebebasan sipil dan minoritas Muslim di India.

Pemilihan parlemen Eropa juga akan menjadi ujian bagi kelompok populis sayap kanan, sementara Meksiko disinyalir akan memiliki presiden perempuan pertama dengan adanya dua kandidat perempuan yang berpotensi memenangkan pemilu di negara tersebut.