Asia Tenggara Juga Terkena Serangan Covid-19, Bukan Hanya RI

by -165 Views

Pemerintah negara-negara di Asia Tenggara dan sekitarnya mulai bersiap kembali menghadapi gelombang virus Covid-19. Pemasangan pemindai suhu di bandara hingga menghimbau masyarakat untuk kembali mengenakan masker pun dilakukan.

Di Indonesia, kasus Covid-19 mulai naik. Hari ini, Rabu (20/12/2023), kasus Covid-19 baru di RI tembus 453 orang. Mengutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, total kasus aktif saat ini ada 2.548.

Lonjakan kasus Covid-19 di RI sudah dimulai sejak akhir November lalu. Kasus mingguan yang tadinya cuma 30-40, naik menjadi 267 pasien pada periode 28 November hingga 2 Desember 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi menyebutkan peningkatan kasus Covid-19 dibarengi dengan kenaikan jumlah tes. Di sisi lain, ada dugaan varian baru yang memicu tingkat transmisi atau penularan lebih cepat dan lebih mudah menginfeksi.

“Nadia menyebut beberapa kali Indonesia mencatat nihil kasus kematian pasca status gawat darurat Covid-19 dicabut beberapa bulan lalu. Namun tetap, sebagai kehati-hatian, masyarakat diminta untuk menunda terlebih dulu bepergian ke negara dengan catatan kasus Covid-19 tinggi.

Di negeri serupun Malaysia, kasus Covid meningkat hampir dua kali lipat dalam seminggu, meningkat menjadi 6.796 pada pekan yang berakhir 2 Desember dari 3.626 pada minggu sebelumnya. Menurut Free Malaysia Today, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Radzi Abu Hassan mengatakan sejak awal Desember ada delapan klaster aktif yang melibatkan total 121 kasus. Sementara penerimaan rumah sakit meningkat sebesar 2,9%.