Kelompok Bersenjata yang Dicemaskan oleh Israel

by -163 Views

Keberadaan Israel di wilayah Palestina telah menimbulkan banyak pertentangan. Negara Yahudi ini sudah beberapa kali diserang oleh tetangga-tetangganya. Setelah berhasil memenangkan pertarungan dengan negara-negara sekitarnya, kini Israel menghadapi perlawanan dari kelompok-kelompok milisi bersenjata di sekitarnya.

Berikut daftar kelompok bersenjata yang ditakuti Israel:

1. Hamas
Hamas adalah milisi perlawanan yang berbasis di Gaza, Palestina. Didirikan oleh Ahmed Yassin pada tahun 1987, kelompok ini bertujuan untuk menghancurkan Israel dan membentuk masyarakat Islam di Palestina yang bersejarah. Hamas pertama kali melakukan bom bunuh diri pada bulan April 1993, lima bulan sebelum pemimpin PLO Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin menandatangani Perjanjian Oslo, yang membentuk pemerintahan mandiri terbatas untuk sebagian Tepi Barat dan Gaza di bawah entitas baru yang disebut Otoritas Palestina (PA). Amerika Serikat (AS) menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris asing pada tahun 1997. Pada Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan mendadak besar-besaran di Israel selatan, menewaskan lebih dari 1.400 orang dan menyandera puluhan lainnya.

2. Hizbullah
Hizbullah adalah partai politik dan kelompok militan Muslim Syiah yang berbasis di Lebanon. Dipimpin oleh Hassan Nasrallah, Hizbullah didukung oleh Iran, dan menerima dukungan dari rezim Bashar al-Assad di Suriah. Hizbullah menggunakan dana dari bisnis legal, perusahaan internasional, dan diaspora Lebanon.

3. Jihad Islam Palestina
Jihad Islam Palestina (PIJ) didirikan pada tahun 1981 oleh Fathi Abd al-Aziz al-Shikaki. Kelompok ini memiliki hubungan kerja yang baik dengan intelijen Mesir dan mempunyai sejarah panjang dalam menyerang tentara dan warga sipil Israel sejak tahun 1980an.

4. Lion’s Den
Lions’ Den adalah kelompok bersenjata Palestina yang berpusat di Kota Tua Nablus. Kelompok ini muncul setelah pembunuhan Ibrahim Al Nabulsi, seorang militan terkemuka dari kota tersebut oleh pasukan Israel pada Agustus 2022. Kelompok ini diperkirakan tumbuh dari apa yang disebut ‘Batalyon Nablus’, sebuah kelompok payung lokal yang terdiri dari Brigade Al Quds dari PIJ, Brigade Martir Al Quds dari Fatah, serta Brigade Izz Al Din Al Qassam Hamas.

Demikian daftar kelompok bersenjata yang dihadapi Israel. Semoga informasi ini bermanfaat.