Indonesia Tetap Aman Meski Perang Global Berlangsung Lama

by -145 Views

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa dampak konflik dunia dan terus memanasnya tensi geopolitik masih akan terus berkepanjangan. Namun, permasalahan itu tidak akan banyak mengganggu perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani berujar, permasalahan peperangan di berbagai negara, yang turut melibatnya banyak negara-negara besar tak akan berakhir dalam waktu satu bulan atau beberapa kuartal ke depan, melainkan bisa mencapai satu dekade sampai para pemimpin dua merasakan biaya konflik lebih besar dari manfaatnya.

“Sudah banyak berbicara dengan para pemangku kebijakan terkait permasalahan ini. Namun, permasalahan kian rumit ketika sistem politik sendiri semakin mengarahkan pada pertentangan dengan sistem yang dianut di luar negaranya,” tegasnya.

“Meski demikian, Sri Mulyani percaya diri di tengah permasalahan perang dan panasnya tensi geopolitik di tingkat global itu tak akan banyak memengaruhi kondisi perekonomian domestik. Sebab, perekonomian Indonesia masih dianggap stabil untuk menjadi tujuan investasi, diiringi dengan daya konsumsi masyarakatnya yang masih kuat. Kekuatan konsumsi domestik menurutnya juga ditopang oleh kinerja belanja pemerintah, yang masih kuat.”

Pernyataan Sri Mulyani tersebut disampaikan dalam acara seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta pada Jumat (22/12/2023).