Sri Mulyani Menyebut Alasan Optimisme dan Kewaspadaan terhadap Ekonomi 2024

by -156 Views

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI mengadakan Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 dengan tema “Optimisme Penguatan Ekonomi Nasional di Tengah Dinamika Global” untuk menyampaikan pandangan tentang ekonomi Indonesia di tengah dinamika global.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam Seminar Outlook Perekonomian Indonesia 2024 memberikan gambaran optimis dan Waspada untuk ekonomi Indonesia di tahun 2024. Hal ini karena kondisi ekonomi global yang masih mengalami tekanan besar akibat lonjakan inflasi dan suku bunga serta memanasnya tensi geopolitik. Meskipun begitu, ekonomi Indonesia masih mampu tumbuh di kisaran 5%.

Diharapkan optimisme terhadap prospek penurunan suku bunga global mampu menjadi harapan bagi pemulihan ekonomi di tahun 2024 karena situasi terburuk sudah dilewati di 2023.

Pemerintah terus berupaya memastikan terjaganya konsumsi domestik, utamanya kelompok menengah bawah, serta mendorong pertumbuhan kredit menghadapi tekanan eksternal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prospek dan tantangan ekonomi 2024, dapat mengikuti Diskusi Kania Sutisnawinata bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Ekonom Senior Chatib Basri dalam Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024, CNBC Indonesia (Jumat, 22/12/2023).