Hujan Lebat dan Ombak Tinggi Membahayakan Wilayah Indonesia dengan Ketinggian 6 Meter

by -150 Views

BMKG memperingatkan bahwa hujan dengan intensitas lebat dan suhu panas potensial masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan bahwa hal ini berdasarkan analisis terkini yang menunjukkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer, termasuk sirkulasi angin di Laut Cina Selatan yang menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia. Potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatra dan Kalimantan Barat, karena sirkulasi di LCS diidentifikasi sebagai Bibit Siklon Tropis 18W yang bergerak ke arah barat menuju daratan Semenanjung Malaysia dan berpotensi rendah menjadi sistem siklon tropis. Selain itu, angin di wilayah selatan juga berdampak pada kurangnya potensi pertumbuhan awan, dan fase kering fenomena MJO juga memicu terjadinya suhu panas dan terik dengan suhu mencapai 35-37 derajat Celcius.

Untuk prakiraan cuaca sepekan ke depan, BMKG mengatakan bahwa potensi hujan sedang-lebat dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua. Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 24-25 Desember 2023.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada, terutama bagi perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar.