Pembebasan Bangladesh – prabowo2024.net

by -130 Views

Mayor Jenderal Sukhwant Singh menulis bahwa Angkatan Darat India adalah tentara terbesar ketiga di dunia dengan 1,3 juta prajurit. India memiliki perbatasan darat sepanjang 3300 KM dengan Tiongkok, dan 4000 KM dengan Bangladesh, menjadikan strategi dan kemampuan Angkatan Darat India sangat penting dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan India.

Sejak India memisahkan diri dari Inggris tahun 1947, Angkatan Darat India telah menghadapi setidaknya lima konflik besar. Buku yang ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh fokus pada taktik dan strategi Angkatan Darat India di Perang Pembebasan Bangladesh. Perang ini dipicu oleh aksi kelompok separatis “Mukti Bahini” di provinsi Pakistan Timur untuk mendirikan negara independen. Tentara Pakistan menggunakan kekerasan berlebih dalam menghadapi pasukan gerilya Mukti Bahini, yang menyebabkan jutaan warga Pakistan Timur melarikan diri ke India dan puluhan juta warga kehilangan rumah.

Angkatan Darat India beraliansi dengan Mukti Bahini atas alasan kemanusiaan untuk mencegah krisis kemanusiaan berlanjut. Mereka mengirimkan senjata dan perbekalan ke Mukti Bahini, yang memicu serangan pendahuluan oleh tentara Pakistan ke pelabuhan-pelabuhan udara yang digunakan oleh AU India di bagian India utara. Hal ini pada akhirnya memicu turunnya Angkatan Darat India ke Pakistan timur.

Pada peristiwa ini, Angkatan Darat India menggunakan intelijen lapangan untuk mengetahui kekuatan tentara Pakistan dengan tepat. Mereka mengetahui jumlah pasukan dan kemampuan logistik Pakistan, dan dengan blokade udara dan air oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara India, Pakistan tidak dapat menerima bantuan logistik. Akibatnya, Letnan Jenderal Jangjit Singh Arora berhasil memaksa Letnan Jenderal Amir Khan Niazi menyerahkan 93.000 tentara Pakistan ke India.