Hizbullah Melancarkan Serangan Baru ke Israel di Perang Gaza

by -153 Views

Sejumlah fakta terbaru terjadi di Gaza, Palestina pada Jumat (29/12/2023). Hizbullah terus menggempur Israel, sementara Hamas bersiap untuk pembicaraan mengenai gencatan senjata. Beberapa fakta terkait hal tersebut dapat disimak sebagai berikut:

1. Hizbullah meluncurkan serangan terhadap Israel dengan menggunakan drone yang menargetkan pos pemeriksaan tentara Israel dekat perbatasan Lebanon. Hizbullah menyatakan bahwa serangan ini sebagai bentuk protes atas serangan yang terjadi di Gaza. Israel mengancam akan memulai perang baru jika Hizbullah tidak berhenti menyerang. Para pejabat Israel menyatakan bahwa tidak ada ruang untuk diplomasi dalam menstabilkan situasi tersebut.

2. Delegasi Hamas bersiap untuk membahas rencana gencatan senjata yang diajukan Mesir di Kairo, dengan fokus pada pembebasan tahanan Palestina di Israel dan penarikan militer Israel dari Gaza.

3. Israel terus melancarkan serangan mematikan ke warga Gaza, menyebabkan korban jiwa dan kerusakan.

4. Amerika Serikat akan berada di posisi yang sulit karena tekanan dari sekutu regional untuk mengakhiri konflik di Gaza.

5. Kabinet Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pecah terkait rencana operasi militer di Gaza.

6. Lembaga PBB UNRWA melaporkan bukti kekejaman Israel di Gaza.

7. Israel kembali menyerang Suriah, dan demo besar terjadi di Israel dengan tuntutan untuk mengakhiri pendudukan Israel di Palestina.

8. Parlemen Arab mengadakan sidang khusus untuk mendukung Palestina, sedangkan AS menargetkan sumber dana Houthi di Yaman.

9. Mayoritas warga Yahudi Israel mendukung pengusiran warga Palestina dari Gaza.

Demikian fakta terkait situasi terbaru di Gaza, Palestina. Semoga situasi ini dapat segera terselesaikan dengan damai.