Jokowi Berencana Menempatkan PNS Baru Lulus di IKN, Persiapkan Diri!

by -152 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN RB), Muhammad Azwar Anas, terkait perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Dia mengatakan bahwa perekrutan banyak fresh graduate ASN akan dialokasikan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pernyataan ini disampaikan Azwar Anas setelah rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

“Terakhir kami tadi melaporkan terkait pematangan skenario rekrutmen ASN di tahun 2024. Dan beliau minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN. Saya kira itu,” kata Azwar Anas saat memberikan keterangan pers.

Pemerintah akan membuka perekrutan ASN di 2024 untuk lulusan baru universitas atau fresh graduate yang fokusnya pada talenta digital. Namun Azwar Anas belum mau menjelaskan berapa banyak formasi yang akan dibuka.

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama presiden akan mengumumkan,” katanya.

Nanti semua akan menyelesaikan jumlah 1,6 juta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Hal ini akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Terkait dengan perekrutan secara afirmasi atau putra asli daerah, Azwar juga belum bisa mengungkapkan berapa banyak porsi yang akan diputuskan dari CPNS 2024 nanti. Begitu juga dengan porsi perekrutan ASN putra daerah asli Kalimantan.

“Ada afirmasi yang diminta oleh banyak daerah, misalnya apakah 10-20 persen untuk putra daerah, tetapi putra daerah ini tidak langsung lulus tetapi tetap ikut seleksi, nanti dari situ berapa persen. Nah ini sudah kami sampaikan, mungkin nanti dalam waktu dekat akan diputuskan,” jelasnya.