Kepemimpinan Mayor Jenderal TNI (Purn) Mung Parahadimulyo

by -154 Views

Mayor Jenderal TNI (Purn.) Mung Parahadimulyo adalah seorang perwira terkemuka di kalangan Angkatan Darat pada tahun 60-an, 70-an, dan 80-an. Beliau terkenal karena selalu memberikan teladan dan memimpin dengan keteladanan. Beliau juga terkenal sebagai perwira yang sangat kuat fisiknya.

Pak Mung sering memimpin dengan contoh, seperti memulai lebih dulu dalam setiap pelatihan fisik dan memimpin seluruh pasukan dalam jogging. Beliau juga dikenal sebagai perwira Spartan yang tidak memiliki pembantu di rumah dan selalu membantu istri dengan melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel sebelum pergi ke kantor.

Saat pertama kali bertemu dengan Pak Mung, Prabowo Subianto melihat beliau berdiri dengan pakaian sederhana pada pukul 05.00 WIB. Prabowo belajar banyak dari Pak Mung tentang pentingnya seorang Panglima harus menjadi yang terbaik dan lebih ahli dibanding anak buahnya.

Prabowo pun terinspirasi untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam berbagai hal, seperti berlatih keras agar bisa menjadi yang terbaik dalam menembak dan keahlian-keahlian penting lainnya di keprajuritan dan keperwiraan.