Anies & Ganjar Menekan Prabowo

by -91 Views

Debat Capres ke-3 baru saja berakhir. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo telah menyampaikan ide dan gagasan serta saling berdebat pada Minggu (8/1/2024).

Namun, panasnya pembahasan masih berlangsung saat ini. Mulai dari poin dalam perdebatan hingga serba serbi yang kemudian viral di media sosial.

Simak beberapa isu panas dalam debat capres ke-3!

1. Kekayaan Prabowo & TNI Tidak Sejahtera

Tanah milik Prabowo Subianto menjadi topik panas dalam debat capres 2024 pada Minggu malam (7/1/2024). Anies Baswedan menuding Prabowo memiliki tanah seluas 340 ribu hektare. Anies juga menjelaskan bahwa anggaran Kementerian Pertahanan sebagian besar dihabiskan untuk membeli alat utama sistem pertahanan atau alutsista bekas, sementara lebih dari separuh prajurit TNI tidak punya rumah dinas.

Prabowo Subianto membantah tudingan-tudingan tersebut. Menurut Prabowo, berbagai pernyataan Anies kepadanya itu seluruhnya keliru. Ia pun mengaku siap buka-bukaan data yang ia miliki untuk membuktikan kesalahan tuduhan Anies itu.

2. RI Darurat Serangan Siber

Anies mengatakan bahwa anggaran Kemenhan yang dipimpin Prabowo telah menghabiskan anggaran hingga Rp 700 triliun namun tidak mampu menangani serangan siber. Prabowo Subianto menegaskan bahwa Anies Baswedan terlalu teoritis dalam menangani permasalahan siber di Indonesia.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengungkapkan tiga solusi penting dalam menangani serangan siber di Indonesia.

3. Utang Luar Negeri

Prabowo Subianto bicara mengenai utang luar negeri Indonesia. Baginya, rasio perbandingan utang luar negeri terhadap produk domestik bruto salah satu yang terendah di dunia. Anies Baswedan mengaku akan menekan kebocoran pajak untuk memperkuat perekonomian dan pendapatan negara dengan tujuan mengurangi kebutuhan utang.

4. Anggaran Pertahanan Kecil

Ganjar Pranowo menyebut anggaran pertahanan Indonesia belum ideal karena masih 0,78% dari rasio belanja per produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Anies pun merespons pertanyaan Ganjar. Dia setuju anggaran pertahanan Indonesia harusnya 1% hingga 1,5% dari PDB.

5. Laut China Selatan

Ganjar Pranowo memberikan jawaban terkait isu berbagai konflik di Laut China Selatan yang masih berlangsung. Menurut Anies, kuncinya adalah penguatan peran Indonesia di ASEAN.

Artikel Selanjutnya
Ganjar Hadir Pertama, Para Capres Mulai Tiba di KPU

(mij/mij)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *