Menteri Trenggono Ingin Memberikan Satelit Nano Secara Gratis, Ini Penjelasannya

by -80 Views

Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan akan meluncurkan 20 satelit nano yang akan terkoneksi langsung dengan kapal-kapal nelayan, baik kapal nelayan kecil maupun kapal nelayan besar.

Untuk kapal nelayan kecil, pemerintah akan memasangkannya sehingga para nelayan kecil tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan peralatan tersebut. Sedangkan untuk kapal nelayan besar, diharapkan mereka dapat memasang alat sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Trenggono menjelaskan bahwa tujuan dari pemasangan peralatan tersebut adalah untuk memonitor kapal-kapal nelayan dari segi keselamatan hingga jenis tangkapannya.

Ia juga menyatakan bahwa sumber data terhadap penangkapan ikan saat ini masih belum akurat. Dengan teknologi baru yang tengah diimplementasikan oleh KKP, diharapkan akan memberikan data monitoring yang lebih baik.

Trenggono juga menekankan bahwa teknologi satelit yang akan diluncurkan akan dapat memonitor penangkapan ikan serta pembuangan limbah plastik. Ini dianggapnya sebagai langkah terstruktur yang terkoneksi dengan pelabuhan.

Dengan langkah ini, diharapkan dapat membantu para nelayan untuk memperoleh data yang lebih akurat sehingga pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *