Letnan Jenderal KKO (Purn) Ali Sadikin

by -154 Views

Letnan Jenderal (Purn.) KKO Ali Sadikin adalah tokoh militer TNI yang sangat terkenal dan dihormati di masanya. Dia dikenal sebagai tokoh Marinir dan tokoh Angkatan Laut Indonesia yang sangat menonjol ketika pasukan Marinir Indonesia masih dikenal dengan sebutan Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL).

Pak Ali Sadikin diakui sebagai perwira pertempuran yang sangat berani dan karismatik. Namanya terkenal di seluruh negeri saat beliau menjadi komandan batalyon dengan pangkat kapten pada usia yang masih muda, yaitu 26 tahun.

Salah satu prestasinya adalah saat terlibat dalam pendaratan KKO di Minahasa, Sulawesi Utara dalam operasi penumpasan Permesta. Di sana, pasukan KKO melakukan pendaratan amfibi di luar Kota Manado. Batalyon yang dipimpin oleh Ali Sadikin berhasil menjadi pelopor dalam merebut Kota Manado dari pihak Permesta. Waktu itu sekitar bersamaan dengan operasi RPKAD yang merebut lapangan terbang Mapanget, sekarang bernama Bandara Sam Ratulangi.

Setelah berhasil merebut Kota Manado, langkah selanjutnya adalah untuk menuju dan merebut kedudukan-kedudukan Permesta di Minahasa. Namun untuk masuk ke wilayah Minahasa dari Kota Manado, pasukan TNI harus menaiki sebuah ketinggian dengan jalan satu-satunya melalui Kinilow. Di Kinilow, pasukan TNI berusaha terobos pertahanan Permesta tetapi tidak berhasil. Namun pasukan Ali Sadikin berhasil melalui jalur-jalur tikus dan menyerang pasukan Permesta dari belakang, sehingga berhasil merebut Kinilow. Hal ini memungkinkan pasukan TNI untuk maju dengan cepat merebut Tomohon dan kedudukan-kedudukan Permesta.

Prestasi Ali Sadikin tersebut membuatnya dinaikkan pangkat menjadi mayor dan menjadi Brigadir Jenderal KKO termuda pada masanya. Dia juga menjadi salah satu favorit Bung Karno dan memiliki karier yang cemerlang, termasuk menjadi Gubernur DKI.

Prabowo Subianto juga menceritakan bahwa ayahnya, Profesor Soemitro, adalah kawan akrab dari Ali Sadikin, dan sering makan siang bersama di kantor Gubernur DKI dan kantor Menteri Perdagangan. Mereka termasuk dalam kelompok perkawanan dalam pemerintahan yang memiliki pandangan nasionalis dan ingin memajukan ekonomi Indonesia.

Sumber: https://prabowosubianto.com/letnan-jenderal-kko-purn-ali-sadikin/

Source link