Jokowi Rencanakan Pembangunan Rest Area Baru di Tol Merak untuk Persiapan Arus Mudik

by -78 Views

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengadakan rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait persiapan Idul Fitri dan Lebaran di Istana Kepresidenan, Jakarta, tanggal 16 Januari 2024. Salah satu persiapan pemerintah adalah pembangunan rest area di jalur mudik.

“Mellaporkan perkembangan penanganan beberapa proyek atau program dalam rangka untuk persiapan libur Idul Fitri lebaran, salah satunya adalah pembangunan rest area di kilometer 97, (Tol) Jakarta – Merak,” kata Muhadjir kepada wartawan, Selasa (16/1/2024).

Menurut Muhadjir, rest area itu nantinya akan dijadikan buffer zone atau tempat penyangga guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di tol. Persiapan lainnya adalah pelebaran jalan ke arah Pelabuhan Jangkar di Situbondo, hingga menerapkan rute kapal ferry Situbondo – Lombok.

“Nanti tidak perlu menyeberang lewat Bali, jadi dari Situbondo bisa langsung ke Lombok. Itu juga akan memperlancar penyebrangan dari Gilimanuk Ketapang atau sebaliknya,” jelas Muhadjir.

Namun, belum ada perhitungan lonjakan pemudik yang bakal terjadi pada libur lebaran tahun ini. “Belum, tapi pasti meningkat dibandingkan tahun lalu,” ucapnya.

Bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan jatuh pada pekan kedua Maret 2024. Menurut kalender Hijriah, hari raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 10 April 2024 atau 11 April 2024, namun ini tergantung hasil sidang Isbat yang diselenggarakan pemerintah jelang penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *