Banyak Negara Kecam Serangan Rusia di Gaza yang Dilaporkan ke PBB

by -96 Views

Situasi di Timur Tengah masih memanas. Serangan Israel masih terjadi di Gaza, Palestina meskipun ada laporan kemungkinan gencatan senjata baru, perang masih terjadi. Belum lagi situasi Laut Merah dan konflik antara Amerika Serikat (AS) serta Iran.

Data Korban Gaza Terbaru
Menurut Kementerian Kesehatan di Gaza, setidaknya 26.751 orang tewas di Palestina dalam perang antara militan dan Israel. Sebuah pernyataan kementerian mengatakan 65.636 orang lainnya terluka sejak 7 Oktober ketika perang pecah.

Proposal Gencatan Senjata Hamas-Israel
Proposal gencatan senjata baru di Gaza, di-update Qatar. Negara ini diketahui merupakan mediator antara Hamas dan Israel. Qatar menyebut sebuah kerangka kerja untuk menghentikan pertempuran di Gaza telah disusun. Pembebasan sandera juga akan disampaikan ke Hamas. Pernyataan pembentukan kerangka kerja tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

Ramai-Ramai Negara Serang Lembaga PBB di Gaza
Beberapa negara Barat, termasuk AS, Australia, Inggris, Jepang, dan Jerman telah menangguhkan pendanaan untuk lembaga PBB di Gaza, UNRWA. Terbaru, Selandia Baru bergabung dengan daftar negara-negara yang telah menangguhkan pendanaan. Rusia mengutuk keputusan beberapa negara untuk menangguhkan pendanaan mereka di UNRWA dan menyebutnya sebagai bentuk “hukuman kolektif”.

Israel Curi Mayat di Gaza
Israel mengembalikan sejumlah mayat ke warga Gaza. Jenazah-jenazah tersebut dibungkus dalam plastik biru, dan diturunkan ke truk menuju kuburan massal yang baru digali di timur Rafah.

Pernyataan Baru Netanyahu
PM Israel Benjamin Netanyahu pada hari Selasa mengesampingkan pembebasan “ribuan” tahanan Palestina, padahal ini bagian dari kesepakatan untuk menghentikan pertempuran di Gaza.

Hamas Bangkit di Gaza
Hamas dilaporkan telah kembali ke Gaza utara dan melakukan mobilisasi melawan pasukan Israel serta membangun kembali sistem pemerintahan di sana.

Sumber: CNBC Indonesia
“`