Agar Tidak Golput, Nikmati Berbagai Promo Menarik di Mal dan Ritel Setelah Pemilihan

by -101 Views

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) membuat program khusus untuk mendukung pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengungkapkan, program yang diberi nama Kelingking Fun ini sekaligus untuk mengurangi angka pemilih golput di Indonesia.

Shinta menjelaskan, program itu adalah program kerja sama nasional ketiga asosiasi dan perusahaan ritel, yang memungkinkan masyarakat mendapatkan sejumlah diskon dan promo dengan menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ketiga asosiasi yang dimaksud adalah Apindo, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

“Bagaimana kita bisa menghentikan golput untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan juga selain meningkatkan partisipasi banyak orang yang mau belanja,” ujarnya di kantor Apindo, Kuningan, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Shinta mengaku, program tersebut terbukti menurunkan angka golput pada penyelenggaraan pemilu pada 2019 lalu. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah masyarakat yang golput pada 2019 sebanyak 34,75 juta atau 18,02% dari total pemilih yang terdaftar. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan pemilu 2014 dengan jumlah golput sebanyak 58,61 juta orang atau 30,22%.

“Ini juga kesempatan istimewa kalau kita lihat belakangan ini pemilu saya makin panas, saya bilang ke pengusaha-pengusaha agar suasananya lebih adem dan dingin. Inilah kenapa kita bersama-sama mencoba untuk menginisiasi program 5 tahunan lalu sudah dilaksanakan bersama,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Wakil Ketua Umum HIPPINDO Fetty Kwartati mengatakan, Penyelenggaraan di tahun 2024 ini akan lebih meriah yang diikuti lebih banyak peserta retail dan mall dari berbagai brand. Bagi masyarakat yang telah menentukan pilihannya dengan melakukan pencoblosan di TPS bisa langsung mengunjungi mal atau toko ritel brand peserta program terdekat untuk mendapatkan diskon.

“Selain itu, kami berharap acara ini juga dapat meningkatkan okupansi kunjungan konsumen ke Pusat Belanja/ Mall dan meningkatkan omset para peritel dan penyewa,” tuturnya.

Ia melanjutkan, atas permintaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Program Klingking Fun rencananya diikuti gerai dan mal di seluruh Indonesia dan akan diperluas ke area rekreasi wisata juga.

Sementara, Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menambahkan, penyelenggaraan program tersebut akan digelar di seluruh mal Indonesia dan berlangsung secara nasional. Adapun mal anggota APPBI sendiri saat ini sebanyak 400 mall.

Selain itu juga akan ada tambahan dari pihak mal dengan memberikan program khusus yang akan memberikan keuntungan pengunjung yang sudah memilih calon pemimpin pemerintahan baru mendatang.

“Harapannya, pengunjung mal pada momentum pemilu ini juga akan meningkat sebesar 30% dari hari normal yang berujung berdampak pada omzet pendapatan ritel,” pungkasnya.