Israel Diminta Bertanggung Jawab atas Genosida di Laut Merah yang Semakin Panas

by -94 Views

Serangan Israel di Gaza masih berlangsung hingga kini. Perdana Menteri (PM) Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani bahkan memperingatkan jika perang Israel di Gaza tidak segera berakhir, akan muncul risiko konflik regional yang lebih besar.

Berikut perkembangan terkini situasi di Gaza, seperti dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Kamis (1/2/2024).

PM Qatar Peringatkan Serangan Israel
Selama kunjungannya ke AS, PM Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani berbicara tentang peran negaranya dalam memediasi potensi kesepakatan antara Israel dan Hamas. “Saya pikir kita semua harus bersatu untuk menghentikan perang ini, menyelamatkan nyawa, menyelamatkan anak-anak dan perempuan dari pembunuhan dan kejaran serta pemboman dengan serangan udara, tank, dan apa pun,” katanya dalam wawancara dengan NPR, seperti dikutip Al Jazeera.

Dia menambahkan bahwa dia tidak yakin kapan kesepakatan akan tercapai. “Itu semua tergantung pada kedua belah pihak,” tambahnya. Ia juga memperingatkan bahwa jika perang tidak segera berakhir, risiko konflik regional yang lebih besar akan semakin besar.

Pengajuan Petisi Terhadap Netanyahu
Sembilan orang, termasuk mantan panglima militer Moshe Ya’alon dan Dan Halutz, telah mengajukan petisi ke Mahkamah Agung Israel untuk mengajukan dakwaan terhadap PM Netanyahu. Hal ini dilaporkan oleh Haaretz. Petisi tersebut berargumen bahwa Netanyahu memegang posisi perdana menteri, meski memiliki tuntutan pidana, merupakan konflik kepentingan.

Pemukim Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa
Kantor berita Palestina Wafa melaporkan bahwa puluhan pemukim Israel di bawah perlindungan polisi telah menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki. Saksi mata mengatakan mereka masuk dalam kelompok terpisah dan melakukan tur tiruan melalui halaman masjid. Penyerbuan ke kompleks tersebut telah menjadi kejadian hampir setiap hari meskipun orang Yahudi dilarang memasuki bagian mana pun karena sifat suci situs tersebut, menurut hukum Yahudi.

Pemukim Israel Cegat Truk Bantuan Gaza
Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan pemukim Israel memeriksa truk di pelabuhan Ashdod Israel dan hanya mengizinkan mereka yang tidak membawa bantuan ke Gaza. Dalam beberapa minggu terakhir, pengunjuk rasa Israel telah menghentikan truk bantuan memasuki Gaza. Persediaan makanan dan air di jalur yang terkepung dengan cepat berkurang ketika Israel pada tanggal 9 Oktober memberlakukan blokade total terhadap Gaza. Mereka melarang makanan dan bahan bakar memasuki jalur tersebut. Meskipun bantuan kemudian diizinkan masuk, namun hanya sebagian kecil dari bantuan yang masuk ke Gaza sebelum 7 Oktober.

Kuburan Massal Ditemukan di Gaza Utara
Kuburan massal tahanan Palestina yang diborgol, ditutup matanya dan dibuang ke tempat sampah ditemukan di sebuah sekolah di Gaza utara. Ini adalah bukti yang mendukung keputusan ICJ bahwa ada risiko Israel melakukan genosida di jalur yang terkepung, kata manusia Palestina. “Inilah tepatnya mengapa Israel dibawa ke ICJ,” kata pengacara hak asasi manusia Palestina, Diana Buttu, yang bermarkas di Ramallah.

Jenazah Ditemukan di Kamp Pengungsian, Serang PRCS
Kru ambulans dan warga sipil telah menemukan sekitar 14 jenazah warga Palestina setelah sebagian kendaraan Israel mundur dari kamp pengungsi Khan Younis menuju daerah lain di dalam kota. Rekaman yang diperoleh dan diverifikasi oleh Al Jazeera menunjukkan jenazah tiba di Rumah Sakit Nasser untuk bersiap dimakamkan. Mereka menunjukkan doa pemakaman dilakukan di hadapan kerabat yang putus asa di halaman rumah sakit. Tak hanya itu, pasukan Israel juga kembali menyerbu markas besar PRCS untuk ketiga kalinya. Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengatakan pasukan Israel melepaskan tembakan ketika mereka menyerbu markas besarnya di Khan Younis, Gaza selatan, untuk ketiga kalinya.

Gangguan di Laut Merah Ancam Stabilitas Ekonomi Italia
Di sisi lain, gangguan di Laut Merah mengancam akan mengganggu stabilitas perekonomian Italia dan meminggirkan pelabuhan di Eropa Selatan. Hal ini disampaikan Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto. Lalu lintas komersial melalui Terusan Suez, yang menurutnya mewakili sekitar 40% dari total perdagangan maritim Italia, turun 38% pada minggu terakhir tahun 2023. Waktu navigasi meningkat 10 hingga 12 hari, dan biaya meningkat hampir lima kali lipat. Italia sedang mempertimbangkan untuk mengirim pesawat ke wilayah tersebut untuk pengawasan dan pengumpulan data. Kelompok Houthi telah melancarkan serangan di lepas pantai Yaman terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel sebagai tanggapan atas pemboman mereka di Gaza. Sebagai pembalasan, Inggris dan Amerika melancarkan beberapa serangan udara terhadap posisi militer Houthi di Yaman.