LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Usia 30 Tahun ke Bawah Lampaui 55%

by -69 Views

Jakarta – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan bahwa generasi muda di bawah 30 tahun, yaitu generasi Y atau milenial dan Z, cenderung memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Direktur KCI LSI Denny JA, Adjie Al Faraby menjelaskan bahwa angka tersebut bahkan telah melampaui 55%. Dalam generasi Y, yakni warga berusia 30-39 tahun, Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan hingga 56,4% dan 58,6% pada generasi Z yang kini berusia di bawah 30 tahun.

“Pasangan Prabowo-Gibran paling unggul di kalangan pemilih generasi milenial ke bawah,” kata Adjie dalam paparannya secara daring, Senin (30/1).

“Namun jika kita melihat secara total, Prabowo-Gibran unggul di semua segmen usia, baik itu di bawah 30 tahun maupun di kalangan pemilih lansia,” tambahnya.

Adjie juga menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang membuat Prabowo-Gibran dapat menarik suara dari kalangan muda. Salah satunya adalah gaya kampanye yang kini terasa lebih humanis.

“Pertama, ada faktor Gibran sendiri karena ia merepresentasikan generasi milenial. Kemudian gaya kampanye Prabowo-Gibran juga semakin berubah, menjadi lebih terlihat humanis, dan lebih meraih simpati pemilih muda,” tutur Adjie.

Selain unggul di kalangan generasi muda, suara untuk Prabowo-Gibran juga tinggi di kalangan pengguna media sosial dengan angka dukungan sebesar 49,5% dan masyarakat bukan pengguna media sosial sebanyak 52,8%.

“Jadi Prabowo-Gibran unggul di kalangan yang menggunakan media sosial, maupun yang tidak menggunakan media sosial,” tegasnya.

LSI Denny JA melakukan risetnya sepanjang 16-26 Januari 2024 dengan melibatkan 1.200 responden dalam survei tersebut. (SENOPATI)

Source link