Menggali Potensi dan Kekayaan Laut Indonesia: Kunci Utama Ketahanan Pangan

by -88 Views

Indonesia Marine And Fisheries Business Forum 2024 untuk Dorong Ketahanan Pangan

Jakarta, CNBC Indonesia – Kekayaan hasil laut yang dimiliki oleh Indonesia disebut menjadi salah satu kunci untuk menjaga ketahanan pangan. Artinya Indonesia memiliki kelebihan di tengah ancaman krisis pangan global dan gangguan rantai pasok.

Potensi besar di sektor ini pun menciptakan peluang untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan. Apalagi kekayaan laut di tanah air masuk dalam tiga zona ekonomi eksklusif terbesar di dunia, yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Apalagi, porsi ikan konsumsi diperkirakan mencapai 89% pada 2023 karena pertumbuhan populasi dan perubahan preferensi pola makan. Akibatnya kekayaan sumber daya laut Indonesia menjadi semakin penting dalam berkontribusi terhadap pasokan pangan yang stabil dan aman.

Di sisi lain, isu ketahanan pangan memang menjadi komitmen Indonesia terhadap pembangunan kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. Pemerintah pun menerapkan berbagai kebijakan dan reformasi yang bertujuan untuk memerangi penangkapan ikan ilegal, mendorong praktik budidaya perikanan berkelanjutan, dan meningkatkan infrastruktur rantai nilai secara keseluruhan. Dengan begitu, kekayaan alam ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ketahanan pangan di tanah air.

“Untuk memastikan peran Indonesia dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan, khususnya yang berbasis protein, KKP memiliki lima program ekonomi biru. Program-program ini tujuannya di antaranya bertujuan menjaga ekosistem perikanan berkelanjutan hingga mewujudkan perikanan budidaya Indonesia yang modern,” beber Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto.

Lima program ekonomi biru tersebut meliputi perluasan Kawasan konservasi laut; penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur; pengembangan budidaya berkelanjutan di wilayah pesisir, darat, dan laut; pengawasan dan pengendalian pesisir dan pulau-pulau kecil, serta penanganan sampah plastik di laut melalui program partisipasi nelayan Bulan Cinta Laut.

Dengan memastikan pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan, Indonesia akan mampu memanfaatkan peluang dan memainkan peran penting dalam mengamankan sumber nutrisi penting bagi penduduknya. Komitmen pemerintah mencerminkan pendekatan holistik, menyikapi peluang ekonomi, sekaligus menjaga kebutuhan ketahanan pangan jangka panjang negara.

Untuk menggali lebih jauh potensi di sektor kelautan dan perikanan dalam memberikan nilai tambah bagi kemajuan investasi di industri ini, CNBC Indonesia bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Indonesia Marine And Fisheries Business Forum 2024. Forum ini akan digelar pada Senin, 5 Februari 2024, pukul 10.00 WIB-15.00 WIB di Fairmont Jakarta, Jalan Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno Jakarta.

Indonesia Marine And Fisheries Business Forum 2024 digelar untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sektor kelautan dan perikanan Indonesia dalam menjamin ketahanan pangan nasional. Selain itu, forum ini juga memfasilitasi business matching untuk menghubungkan calon investor dengan pelaku bisnis di industri kelautan dan perikanan, serta diskusi mengenai pengelolaan kelautan dan perikanan.

“Ini sebagai salah satu ikhtiar untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan Indonesia melalui daya saing produk yang dihasilkan. Ini juga untuk memastikan sektor ini berperan penting dalam sistem ketahanan pangan nasional dan global,” pungkas Doni.

Adapun Indonesia Marine And Fisheries Business Forum 2024 terbagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama diisi guest speech dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan tema pentingnya sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Kemudian sesi kedua dengan tema Transformasi Pengelolaan Kelautan dan Perikanan serta Peluang Investasi. Adapun sesi ini menghadirkan narasumber dari regulator untuk membahas berbagai hal mengenai pengelolaan kelautan dan perikanan. Lalu sesi terakhir yakni Dialog Pembelajaran dan Berbagi Pengelolaan serta Pembangunan Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan yang menghadirkan narasumber dari para pelaku industri di bidang kelautan dan perikanan.

Di samping itu, turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang akan memberikan keynote speech dan Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan yang akan memberikan welcoming remarks.

Saksikan Indonesia Marine And Fisheries Business Forum 2024 yang juga disiarkan secara eksklusif dan live di CNBC Indonesia TV dan streaming di CNBC Indonesia.