Side Event World Water Forum Akan Mengupas Masalah Ketahanan Air

by -82 Views

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali. Dengan topik utama “Air untuk Kemakmuran Bersama” forum ini bertujuan menjawab tantangan dan potensi global yang disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

Dalam persiapan jelang World Water Forum ke-10 di Bali pada Mei 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan mengambil bagian dalam Subtema Pembiayaan Air Berkelanjutan. Di mana Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan akan menyelenggarakan Workshop ke-4 “Designing Global Water Fund Institution.”

Sebagai bagian dari Side Event Subtema Sustainable Water Finance menuju World Water Forum ke-10, workshop ini fokus membahas posisi, komponen, dan arsitektur usulan Global Water Fund (GWF). Terutama dari hasil sesi panel tingkat tinggi mengenai Pembiayaan Air Berkelanjutan dalam Rapat Konsultasi Pemangku Kepentingan ke-2 pada 12-13 Oktober 2023 di Bali lalu.

Pembentukan GWF bertujuan untuk mengamankan dan meningkatkan pendanaan untuk infrastruktur air, sekaligus mengatasi permasalahan terkait pertumbuhan, pemulihan, ketahanan, dan adaptasi terkait iklim di negara-negara berkembang.

Adapun Workshop ke-4 “Designing Global Water Fund Institution,” akan diselenggarakan pada Senin, 5 Februari, pukul 08.30-12.00 WIB di Danareksa Tower, Jalan Medan Merdeka Selatan St. No.14, Gambir, Jakarta, Indonesia.

Forum ini menghadirkan lima sesi dengan berbagai macam topik dan diisi oleh berbagai pemateri dari latar belakang yang berbeda. Beberapa topik yang dibahas antara lain Revisiting of International Water Financing Architecture, Innovative and Sustainable Funding, Financing and Delivery Mechanisms, Improved Funding for Basic Access to Safe Water and Sanitation for All at All Scales, Special Schemes and Incentives Promoting Green Finance, dan terakhir Enhanced Funding to Cope with Water Crises, Water Disasters and for Climate Resilience.

Bagi yang tertarik mengikuti Workshop ke-4 menuju 10th World Water Forum 2024, bisa mendaftar melalui link ini.