Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Meningkatnya Populasi]

by -144 Views

Meningkatnya Populasi Indonesia: Tantangan Besar Menanti

Dengan hampir 280 juta penduduk, Indonesia saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Namun, dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,1% setiap tahun, posisi Indonesia dalam waktu dekat dapat tergantikan oleh Nigeria yang jumlah penduduknya akan lebih banyak dari kita. Diperkirakan bahwa pada tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa. Ini berarti dalam 20 tahun akan ada penambahan 44 juta jiwa, hampir sama dengan jumlah penduduk satu provinsi Jawa Barat.

Dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia dan Indonesia, diperlukan penambahan produksi pangan sebesar 56% untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar populasi dunia pada tahun 2050. Untuk memenuhi peningkatan kebutuhan ini, diperlukan luas lahan pertanian tambahan setara 2x dari luas negara India. Pemenuhan pangan untuk semua akan menjadi tantangan yang sangat besar.

Dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin memprioritaskan produksi pangan untuk kebutuhan sendiri, sehingga kebutuhan Indonesia untuk swasembada pangan menjadi semakin mendesak.

Tidak hanya itu, Indonesia juga harus menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, rumah, dan segala infrastruktur pendukung lainnya agar seluruh penduduk Indonesia dapat hidup dengan layak. Tantangan ini bukan hal yang mudah untuk diatasi. Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-meningkatnya-populasi/

Source link