Pernyataan Penutup Prabowo-Gibran Ramai Dipuji, Pengamat: Bawa Kesejukan Jelang Hari Pencoblosan

by -72 Views

Jakarta – Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai pernyataan penutup dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dalam debat Pilpres kemarin malam membawa ketenangan menjelang hari pemilihan.

Ujang melihat bahwa masyarakat merespon dengan positif dan memuji saat Prabowo meminta maaf kepada calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, dan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Menurut Ujang, pernyataan penutup yang disampaikan oleh Prabowo mengandung pesan yang elegan dalam konteks perdamaian dan memberikan semangat agar Pilpres 2024 berjalan dengan damai dan tertib.

“Closing statement yang disampaikan Prabowo itu memberikan semangat agar (seluruh pihak) tetap bersatu,” kata Ujang di Jakarta, Senin (5/2).

Selain itu, pernyataan penutup tersebut juga menunjukkan kapasitas Prabowo sebagai calon pemimpin yang memiliki kemampuan kuat untuk menjadi presiden yang layak dibanggakan oleh masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

“Pernyataan penutup tersebut menunjukkan bahwa Prabowo memiliki jiwa besar dalam mengikuti kontestasi untuk siap memimpin bangsa ini dan juga siap bersatu merangkul pihak-pihak lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika respons dari netizen sangat positif terhadap Prabowo saat menyampaikan closing statement. Ujang menilai, hal ini bisa menjadi keberuntungan bagi Prabowo dalam mendapatkan kepercayaan dari rakyat Indonesia.

“Pada tahun 2024, sepertinya keberuntungan bisa menghinggapi dirinya, bisa saja beliau punya kesempatan terpilih menjadi presiden pada tahun 2024,” tuturnya.

Dalam penutupan debat kelima kemarin malam, Prabowo meminta maaf kepada kedua pasangan calon serta KPU RI selama berlangsungnya penyelenggaraan kegiatan debat sejak Desember 2023 lalu.

“Saya atas nama Prabowo-Gibran dan KIM minta maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar, jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Kami juga mohon maaf kepada KPU kalau ada kata yang kurang pas,” kata Prabowo di JCC Senayan, Minggu (4/2) kemarin.

“Saudara-saudara sekalian, yang penting kita harus rukun dengan semua kalangan terutama kerukunan dengan pemimpin-pemimpin Indonesia. Saya tetap mengganggap Pak Anies dan Pak Ganjar saudara saya,” sambungnya.

Melihat permintaan maaf yang secara langsung dilayangkan oleh Prabowo Subianto didampingi oleh cawapres Gibran Rakabuming Raka, para netizen langsung memberikan komentar, salah satunya dari komika Indonesia Kiky Saputri yang mengaku sangat tersentuh dengan sikap Prabowo yang dianggap tegas namun pada kesempatan ini sangat lembut dan santun.

“Ya Allah. Terima kasih sudah sangat lembut dalam meminta maaf dan merangkul semua demi kerukunan. Terima kasih sudah berterima kasih dan tidak melupakan jasa siapapun. Terima kasih tidak mendiskreditkan dan merendahkan siapapun. Terima kasih, Terima kasih,” ucap Kiky pada akun pribadinya @kikysaputrii.

“Kekuatan cinta, kekuatan memaafkan, kekuatan menghargai, kekuatan merangkul untuk semua, kekuatan persatuan untuk membangun negara, kekuatan Prabowo-Gibran, untuk Indonesia yang kuat, adil, dan makmur,” komentar akun lain dari @NyaiiBubu.

“Sementara yang lain masih menggebu-gebu, closing statement Prabowo paling pas untuk debat terakhir. Menyampaikan permintaan maaf pada paslon lain serta menyerukan rekonsiliasi dan kolaborasi,” tulis akun @PartaiSocmed.

Lalu, Rudi Valinka juga turut memberikan komentar. Ia menilai, pernyataan penutup dari Prabowo menunjukkan kualitas pribadi dari sosok yang rendah hati. Hal tersebut semakin meyakinkan dirinya bahwa pasangan nomor urut 2 bakal mampu mencapai satu putaran.

“Pernyataan penutup terbaik di #debatcapres2024 adalah paslon 02 Prabowo-Gibran. Pasangan yang rendah hati, meminta maaf, dan mengakui bahwa paslon lain adalah putra terbaik, serta sekali lagi menyatakan “Akan Menjadi Presiden bagi seluruh Rakyat Indonesia”. Fix 1 putaran buat 02,” ujar akun @kurawa.

Tidak hanya itu, netizen di media sosial TikTok juga ramai merespon positif sikap Prabowo. Banyak di antara mereka yang menginginkan sosok Prabowo agar dapat menjadi pemimpin Indonesia pada tahun 2024 ini.

“Pernyataan penutup yang sungguh keren,” ucap akun bernama Tasya.

“Pak Prabowo, meminta maaf dan mengucapkan terima kasih adalah kata-kata yang susah diucapkan oleh manusia,” timpal komentar netizen TikTok lainnya.

“Ya Allah, jadikanlah Pak Prabowo memimpin negara ini,” ujar Ramadhan. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pernyataan-penutup-prabowo-gibran-ramai-dipuji-pengamat-bawa-kesejukan-jelang-hari-pencoblosan/

Source link