PMSol Membentuk Kemitraan Strategis untuk Meningkatkan Kompetensi Kru Kapal

by -96 Views

PT Pertamina Marine Solutions (PMSol), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), telah menjalin kemitraan strategis dengan Bernhard Schulte Management – Crew Service Centre (BSM-CSC) Indonesia untuk penyediaan dan pengelolaan kru kapal berstandar internasional demi bersaing di pasar global.

Kerja sama antara PMSol dan BSM-CSC mencakup penyediaan kebutuhan kru kapal untuk armada yang dikelola oleh kedua perusahaan, serta pengembangan kompetensi kru kapal untuk penempatan kru kapal Indonesia di kapal-kapal rute internasional. Kemitraan ini diharapkan dapat membawa dampak positif terutama untuk PMSol yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics PIS (SHIML) yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan perkapalan dan maritim logistik terdepan di dunia. Di sisi lain, BSM – CSC merupakan bagian dari Bernhard Schulte Management Group dan merupakan perusahaan penyuplai kru kapal ternama di dunia maritim internasional.

Direktur PMSol, Eka Candra Dinata, menyambut baik kemitraan ini. Dia yakin bahwa dengan semakin meningkatnya kebutuhan pasar dunia maritim atas suplai kru kapal, PMSol dapat melakukan ekspansi dan meningkatkan portofolio bisnis, serta menjalin kerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis kru kapal di luar negeri. Kolaborasi ini juga akan menguatkan komitmen PMSol dalam menyediakan kru kapal yang handal, mendukung terpakainya energi-energi perwira Kru kapal Indonesia yang profesional, berintegritas, kompeten dan berakhlak di dunia kepelautan nasional dan internasional.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan oleh Direktur PMSol Eka Candra Dinata, dan Direktur BSM-CSC Indonesia Capt. Akhmad Subaidi, serta disaksikan oleh Dewi Susanti, VP Fleet Performance & Crewing Management PT Pertamina International Shipping (PIS).

Capt. Akhmad Subaidi, Direktur BSM-CSC Indonesia, menegaskan bahwa dalam segala hal, human element tetap memegang peranan terpenting, bukan hanya peralatan. Dia juga menekankan bahwa kru kapal Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kru-kru kapal dari negara lain, dan melalui kesepakatan ini, kru Indonesia dapat dibawa ke kancah internasional.

Dengan demikian, kemitraan antara PMSol dan BSM-CSC diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi kedua belah pihak, serta memberikan kesempatan bagi kru kapal Indonesia untuk bersaing di pasar global.