7 Perkembangan Terbaru di Timur Tengah: Rencana Damai Hamas dan Serangan Houthi

by -92 Views

Wilayah Timur Tengah tegang. Milisi Gaza, Hamas, menyerang Israel pada 7 Oktober lalu dan Tel Aviv melakukan serangan balasan ke wilayah kantong Palestina. Israel mengklaim serangannya untuk menghancurkan Hamas, tetapi korban jiwa warga sipil cukup banyak, mencapai hingga 27 ribu jiwa. Hal ini kemudian memicu reaksi dari sekutu Hamas di wilayah Timur Tengah untuk melakukan serangan kepada Israel dan sekutunya. Hampir semua mitra Hamas merupakan milisi yang didukung oleh Iran.

Berikut perkembangan Timur Tengah terbaru sebagaimana diringkas CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Rabu (7/2/2024):

1. Proposal perdamaian Hamas. CNN memperoleh salinan tanggapan Hamas terhadap usulan Israel untuk melakukan gencatan senjata dan pengiriman bantuan kemanusiaan sebagai imbalan atas pembebasan sandera yang ditahan di Gaza. Isinya menjelaskan perdamaian dengan tiga tahapan, di antaranya pembebasan sandera Israel dengan imbalan sejumlah tahanan Palestina.

2. Utusan Biden kunjungi Israel. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berada di Israel pada hari Rabu untuk bertemu dengan pejabat penting pemerintah guna mendesak “jeda kemanusiaan”. Usahanya ini terjadi ketika tekanan internasional dan domestik di AS meningkat untuk mengakhiri konflik di Gaza.

3. Houthi menggila, hantam kapal di Laut Merah. Militan Houthi yang didukung Iran menembakkan enam rudal balistik anti-kapal dari Yaman ke arah kapal komersial.

4. Niatan Saudi normalisasi dengan Israel. Arab Saudi dilaporkan memiliki minat untuk melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, tetapi Riyadh menegaskan ini dapat terjadi bila ada jalan Palestina merdeka.

5. Hizbullah mengklaim serangan terhadap pasukan Israel. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah, mengatakan mereka menargetkan dua pangkalan Israel hari ini di kawasan Peternakan Shebaa yang disengketakan.

6. Arab marah besar ke AS. Duta Besar Aljazair untuk PBB Amar Bendjama mengecam langkah AS yang menyerang beberapa titik di Irak dan Suriah, mengatakan serangan udara AS kemungkinan akan semakin memperburuk situasi yang sudah genting di Timur Tengah.

7. Israel rudal Suriah. Israel melancarkan serangan rudal ke wilayah Homs, Suriah, pada hari Selasa malam, menewaskan dan melukai warga sipil.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

Editor: Adriana Athina