Media Asing Sorot Rentetan Pimpinan Negara Lain Ingin Bangun Hubungan dengan Prabowo Subianto

by -85 Views

Jakarta – Pimpinan negara di seluruh dunia memberikan ucapan selamat kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto atas keunggulan dalam perhitungan sementara Pilpres 2024.

Media asing dari Jepang, Nikkei, menggambarkan hal ini dalam artikel berjudul “Pimpinan Dunia Mencari Hubungan dengan Prabowo setelah Pemilihan Indonesia.” Dilaporkan bahwa para pemimpin negara ini mencoba membangun hubungan yang kuat dengan Prabowo sebagai pemimpin masa depan Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia semakin dikenal di tingkat internasional.

Nikkei menyebut beberapa pemimpin negara yang telah memberikan ucapan selamat. Pertama, Perdana Menteri India Narendra Modi yang menekankan peningkatan kerja sama antara India-Indonesia.

“Selamat kepada rakyat Indonesia atas berhasilnya pemilihan Presiden dan @prabowo yang memimpin,” ucap Modi seperti yang dilaporkan oleh Nikkei.

“Saya harap dapat bekerja sama dengan presiden baru untuk memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara India dan Indonesia,” tambahnya.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese adalah orang pertama yang memberikan ucapan selamat kepada Prabowo setelah hasil perhitungan cepat menunjukkan Prabowo unggul, Kamis (15/2).

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin negara pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang jelas unggul dalam hasil resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia,” tulis Albanese.

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin juga memberikan ucapan selamat kepada Prabowo dan menyatakan keinginannya untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara kedua negara.

“Dengan harapan bisa bekerja sama dengan Anda untuk memperkuat hubungan dan kerja sama antara Thailand dan Indonesia,” tulisnya di akun Facebook.

Selain itu, Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang mengunjungi kediaman Prabowo dan memberikan ucapan selamat secara langsung. “Terima kasih, Yang Mulia Pak Prabowo, telah menerima kunjungan saya dan selamat,” tulis Kang di akunnya.

Dari pertemuan itu, analis riset di Economic Intelligence Unit Wen Chong Cheah, yakin bahwa Prabowo akan melanjutkan kebijakan luar negeri Presiden Joko Widodo untuk menjaga diplomasi yang adil terhadap AS dan China.

“Kami berharap Prabowo akan tetap mendukung hubungan baik dengan China seperti yang dilakukan Jokowi, terutama dalam investasi dan perdagangan,” ujarnya.

“Di bawah kepemimpinan Prabowo, Indonesia akan tetap bersahabat dengan AS dan negara-negara Barat lainnya, khususnya dalam bidang pertahanan,” tambahnya.

Prabowo juga menerima surat ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang disampaikan langsung oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey. Sunak menyatakan komitmennya untuk memperkuat hubungan perdagangan Inggris-Indonesia dan mendukung permohonan Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Dalam surat ini, Sunak juga berjanji terus bekerja sama erat dengan Indonesia dalam isu-isu penting, seperti perubahan iklim melalui kemitraan transisi energi yang adil.

Tidak hanya itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga memberikan ucapan selamat kepada Prabowo, dilansir dari kantor berita Rusia, Tass.

“Saya berharap dapat melakukan dialog konstruktif dengan Anda untuk membahas kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu penting dalam agenda bilateral dan internasional,” kata Putin.

Perhitungan suara hingga Kamis (22/2) mencapai 75,26%. Dari data tersebut, Prabowo-Gibran mendominasi dengan mendapatkan 65.049.492 suara atau sekitar 58,89%.

Dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga, seperti Populi Center merilis Prabowo-Gibran unggul 59,08%. Sementara itu, lembaga Poltracking Indonesia mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran yang memimpin dengan 58,51%. (SENOPATI)

Source link