Update Terbaru Data Real Count KPU: Suara PSI Masih Kurang untuk Kursi di Senayan

by -89 Views

Data real count KPU RI menunjukkan bahwa saat ini sudah ada 9 partai politik yang berhasil lolos ambang batas minimal 4% untuk masuk ke Senayan, sementara yang lainnya belum mencapai target tersebut. Perolehan suara PSI dan PPP menjadi perhatian utama.

Berdasarkan data real count terbaru pada Kamis, 22 Februari 2024 pukul 23.00, dari total 24 partai politik yang bersaing, 18 di antaranya bersifat nasional dan 6 lokal, hanya 9 partai yang berhasil mencapai ambang batas parlemen sebesar 4%.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki peringkat teratas diikuti oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) belum berhasil memperoleh suara yang cukup untuk masuk ke Senayan. Dalam real count KPU, PSI hanya mendapatkan 2,54% suara, di bawah ambang batas parlemen.

Delapan partai lainnya juga menghadapi risiko tidak lolos, antara lain Partai Perindo, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Buruh. Ada juga Partai Ummat; Partai Bulan Bintang (PBB); Partai Garda Republik Indonesia (Garuda); dan Partai Kebangkitan Nusantara. Kedelapan partai tersebut memiliki perolehan suara di bawah 4%.

Meskipun sebelumnya diragukan oleh sejumlah lembaga survei, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berhasil melampaui ambang batas parlemen dengan perolehan suara 4,05 persen.

Perlu diingat bahwa hasil real count KPU masih belum final.