Jokowi Berencana Mengubah Makassar & Sekitarnya Menjadi Seperti Shenzen China

by -100 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulsel ke Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Pembahasan yang dilakukan terkait pembangunan kawasan perkotaan Makassar dan sekitarnya.

“Ia menjelaskan, Jokowi meminta gubernur, bupati hingga wali kota untuk memberikan masukan untuk membangun kota Makassar dan sekitarnya. Untuk menjadi satu kawasan aglomerasi seperti Jabodetabek. Kawasan aglomerasi yang dimaksud meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa (Sungguminasa), Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar ditambah Kabupaten Pangkep, yang dikenal dengan Mamminasata. “Kita tahu Makassar ini adalah pintu gerbang Indonesia Timur dan menjadi pusat perdagangan wilayah timur dan menjadi penopang wilayah IKN. Jadi nanti bahan pangan ke IKN dari Makassar,” terangnya.

Untuk itu, menurut dia, kota Makassar perlu diberikan pembangunan jaringan transportasi yang memadai seperti kereta api, jalan tol, hingga jalan lingkar Makassar. Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih lantaran pemerintah pusat mau melanjutkan pembangunan kawasan Mamminasata yang sebelumnya juga sudah tertuang dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar.

“Alhamdulillah kota Makassar yang punya banyak masalah perkotaan dengan pembangunan terpadu dengan beliau gambarkan, beliau ingin seperti Shenzhen gitu, dan ini menjadi tantangan kami para wali kota, bupati, gubernur,” katanya. “Insya Allah kami siap untuk melaksanakan apa yang beliau arahkan dan beliau impikan Makassar dan sekitarnya seperti kota Shenzhen dekat Hongkong,” terangnya.

Mengutip laman Hong Kong Tourism Board, kota Shenzhen terletak di provinsi Guangdong berbatasan dengan Hong Kong dan kota Dongguan dan kota Huizhou. Kota ini dikenal dengan zona ekonomi khusus dan menjadi daerah tujuan wisata menarik menurut beberapa media terkemuka. Kota ini juga merupakan pusat transportasi wisata masuk dan keluar dari jalur darat. Selain itu, juga memiliki atraksi budaya, hiburan, dan pusat perbelanjaan, hiburan malam, hingga salah satu klub golf terbesar di dunia.

[Gambas:Video CNBC]

– Artikel Selanjutnya: Gubernur Sulsel Bilang Provinsinya Bangkrut, Ini Faktanya!

(miq/miq)