Inilah Harta Karun Langka RI yang Menarik Perhatian Asing secara Diam-diam

by -65 Views

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa ada perusahaan asing yang tertarik untuk mengelola potensi ‘harta karun super langka’ berupa lithium di Indonesia. Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin menyatakan bahwa mineral langka ini terletak di Bledug Kuwu, Grobogan Jawa Tengah. Bledug Kuwu dikenal dengan fenomena semburan lumpur yang mirip dengan Lapindo.

Meskipun tidak merinci nama perusahaan asing yang tertarik, Awaluddin menyatakan bahwa ada perusahaan internasional yang tertarik di Bledug Kuwu. Ia menilai kandungan mineral lithium di Bledug Kuwu lebih menarik dibandingkan di Lumpur Lapindo dan akan memprioritaskan pencarian di lokasi tersebut.

Awaluddin menjelaskan bahwa lithium saat ini sangat penting untuk industri baterai kendaraan listrik. Permintaan lithium diproyeksikan akan naik 42 kali lipat seiring dengan meningkatnya penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Dia juga menyebutkan bahwa potensi lithium tidak hanya terdapat di Bledug Kuwu, namun juga di Kalimantan, Bangka Belitung, Sumatera, dan tempat lainnya.

Artikel Selanjutnya: Bukan Lumpur Lapindo, Area Jateng Ini Kaya Harta Karun Langka

(HAA)