Apakah RI bisa menjadi negara maju dengan gaji karyawan Rp15 juta/bulan?

by -75 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia siap menjadi negara maju sering terdengar dalam beberapa waktu terakhir. Terutama saat kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dimulai.

Semua orang membicarakan harapan Indonesia untuk sejajar dengan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lainnya. Namun, tantangan yang harus dihadapi tidaklah mudah. Salah satu contohnya adalah pendapatan rata-rata penduduk Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa salah satu syarat negara dapat dikategorikan sebagai negara maju adalah jika penduduknya memiliki pendapatan sebesar Rp 15 juta per bulan atau setara dengan Rp 180 juta per tahun (US$13.000).

“Bahkan hingga pendapatan tersebut tercapai, Indonesia tidak dapat dianggap sebagai negara maju,” kata Budi dalam acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital bersama kepala daerah akhir pekan lalu.

Budi mengingatkan para kepala daerah bahwa tugas mereka ke depan akan menjadi berat. Mereka bertanggung jawab untuk mencapai pendapatan tersebut dalam kurun waktu 6-11 tahun atau tepatnya pada periode 2030-2035.

Periode tersebut merupakan masa bonus demografi atau saat mayoritas penduduk berusia produktif dalam rentang usia 15-60 tahun. Jika pada masa itu Indonesia belum mencapai pendapatan Rp 15 juta per bulan, maka akan terjebak dalam middle income trap karena penduduknya sudah tua sebelum menjadi kaya.

Untuk mencapai pendapatan tersebut, masyarakat Indonesia perlu bekerja ekstra keras. Budi menyebutkan bahwa pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia saat ini masih sekitar Rp 5 juta per bulan atau setara dengan Rp 60 juta per tahun, atau sekitar US$4.800 per tahun, meskipun mayoritas penduduknya masih muda.

Budi menekankan bahwa untuk mencapai pendapatan tersebut, masyarakat harus sehat dan pintar. Namun, yang terpenting adalah kesehatan sejak dini agar tidak terjadi stunting, sehingga dapat menjadi pintar dan produktif saat usia produktif.

“Bapak dan ibu, pastikan masyarakat kita sehat agar pendapatannya bisa mencapai Rp 15 juta per bulan, dan Indonesia dapat menjadi negara maju pada tahun 2030. Sehingga anak cucu kita bisa merasakan hidup di negara maju,” ungkapnya.

[Gambas: Video CNBC]

Artikel Selanjutnya: Sejak Merdeka, Ternyata Indonesia Tidak Banyak Berubah!

(arm/mij)