Ingin Melakukan Salat Tarawih? Berikut Deretan Masjid yang Bisa Dipilih

by -105 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Saat memasuki bulan suci Ramadhan, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah membangun dan merenovasi sejumlah Masjid di Indonesia dengan berbagai fasilitas yang mendukung ibadah yang aman dan nyaman bagi umat Muslim di Indonesia.

Waskita menyadari bahwa selain berpuasa, masjid merupakan tempat utama bagi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah-ibadah lain seperti shalat lima waktu, tarawih, berbuka puasa, sahur, dan i’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan.

Beberapa Masjid di Indonesia yang telah dibangun dan direnovasi oleh Waskita antara lain Masjid Baiturrahman Aceh, Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Baiturrahman Semarang, dan Masjid Sheikh Zayed Solo.

SVP Corporate Secretary Perseroan, Ermy Puspa Yunita menjelaskan bahwa Waskita juga memperhatikan sejarah dan latar belakang berdirinya masjid-masjid yang ingin dibangun dan direnovasi untuk tetap mempertahankan nilai sejarahnya. Misalnya, Masjid Baiturrahman Aceh yang sudah berdiri sejak tahun 1612 dan Masjid Istiqlal Jakarta yang baru selesai dibangun 17 tahun setelah dimulai pada tahun 1961.

Proses pembangunan masjid oleh Waskita telah diselesaikan tepat waktu dengan beberapa di antaranya bahkan lebih cepat. Selain itu, Waskita juga menggunakan inovasi bangunan ramah lingkungan (green building) dan beberapa fasilitas dengan teknologi modern.

Masjid Baiturrahman Aceh, misalnya, baru direnovasi sejak tahun 2015 setelah terdampak bencana tsunami tahun 2004. Masjid ini dikembangkan menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, dengan penambahan 12 payung raksasa dan pohon kurma di sekitar halaman masjid.

Masjid Istiqlal Jakarta juga mengalami renovasi oleh Waskita sejak tahun 2019 dan selesai pada Januari 2021. Ruang lanskap di masjid ini dimanfaatkan untuk pusat perbelanjaan dan makanan yang dibina dari UMKM.

Selain itu, Waskita juga merenovasi Masjid Baiturrahman di Semarang dengan waktu pembangunan selama 11 bulan. Masjid ini merupakan ikon Jawa Tengah dan pusat ibadah umat serta seni budaya yang ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya.

Terakhir, Masjid Sheikh Zayed Solo dibangun oleh Waskita dalam waktu 17 bulan dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022. Masjid ini memiliki fasilitas yang menggabungkan ciri khas Kota Solo dengan miniatur masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA.

Keempat masjid yang dibangun oleh Waskita diharapkan dapat menjadi ikon bagi masing-masing kota dan simbol keberadaan umat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid tersebut juga diharapkan dapat mempererat silaturahmi sesama umat Muslim dan memakmurkan masyarakat di sekitarnya.

Perseroan berharap bahwa masyarakat dapat memanfaatkan masjid-masjid yang dibangun dan direnovasi oleh Waskita untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan aman dan nyaman.