Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat sebagai Presiden Terpilih dari Menlu AS Blinken

by -54 Views

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) atau Sekretaris Negara Anthony J Blinken memberikan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia dalam pemilihan presiden 2024.

Ucapan dari Blinken ini dirilis dalam pernyataan pers yang diedarkan pada Rabu (20/3) di situs resmi Departemen Luar Negeri AS.

“Kami mengucapkan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken.

“Dan sekali lagi memuji rakyat Indonesia atas partisipasi pemilih dan komitmen yang kuat terhadap demokrasi dan supremasi hukum,” lanjutnya.

Blinken juga menegaskan bahwa AS dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik selama 75 tahun yang didasarkan pada demokrasi dan pluralisme. Ia menyebut Indonesia sebagai mitra dan teman dekat, yang bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi warga negara masing-masing.

“Kami berharap dapat bekerjasama erat dengan presiden terpilih Subianto dan pemerintahannya saat mereka mulai menjabat pada bulan Oktober,” ujar Blinken.

Sebelumnya, Prabowo pada 14 Maret menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden melalui surat resmi dari Gedung Putih yang disampaikan oleh Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham kepada Prabowo.

“Selamat kepada rakyat Indonesia atas sukses pemilu – sebagai bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda, atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden,” kata Biden.

Hari ini, Rabu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi nasional hasil suara Pemilihan Presiden 2024 dan menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Hasil Pilpres 2024 ditetapkan berdasarkan berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran unggul dengan jumlah suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional sebanyak 164.227.475. Pasangan calon ini memenangkan di 36 provinsi. (SENOPATI)

Source link