Cara Daftar, Syarat, dan Cek Formasi!

by -53 Views

Kementerian Agama akan membuka 110.553 formasi dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Lowongan ini disebut terbesar sepanjang sejarah Kemenag. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan salah satu alasannya adalah banyak pegawai Kemenag yang pensiun pada tahun 2024-2028, mencapai 48.991 orang.

Pengajuan tahun 2024 juga bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan jabatan guru, dosen, penghulu, penyuluh agama, pengawas jaminan produk halal, dan jabatan lain yang berkaitan dengan pelayanan dasar Kemenag serta percepatan transformasi layanan digital di Kementerian Agama.

Formasi yang dibuka Kemenag telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyatakan setuju untuk membuka 110.553 formasi ASN di Kemenag, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK.

Kementerian PANRB dan Kemenag sedang mendiskusikan detail lowongan yang akan dibuka, seperti untuk guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN.

Proses pendaftaran CPNS 2024 meliputi pembuatan akun di situs resmi SSCASN, lengkapi biodata, pilih jenis seleksi formasi, unggah dokumen persyaratan, cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran, verifikasi dokumen, cetak kartu ujian, dan penentuan NIP. Syarat dokumen pendaftaran meliputi kartu keluarga, KTP, ijazah, transkrip nilai, pas foto, swafoto/selfie, dan dokumen lain sesuai ketentuan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik mendaftar CPNS 2024.