Pertemuan Anwar Ibrahim dengan Prabowo Setelah Xi Jinping-Kishida

by -51 Views

Menteri Pertahanan (Menhan) dan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan ke Malaysia setelah sebelumnya mengunjungi China dan Jepang untuk bertemu dengan pemimpin kedua negara, Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Fumio Kishida.

Prabowo tiba di Pangkalan Udara Subang di Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Rabu malam. Ia didampingi oleh sejumlah pejabat delegasi Indonesia, termasuk Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, dan Kabaranahan Kemhan.

Pada hari Kamis, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Menurut laman Malaymail, Prabowo tiba di Perdana Putra, kantor PM Malaysia, pada pukul 9 pagi waktu setempat. Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya setelah Prabowo resmi diumumkan sebagai pemenang Pilpres Indonesia periode 2024-2029.

Kunjungan ini dilakukan untuk menggali dan mengembangkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Malaysia. Menurut laman resmi Kementerian Pertahanan, pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan diplomatik serta meningkatkan kerja sama pertahanan antara kedua negara di masa depan.

Kunjungan ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan Prabowo setelah terpilih sebagai Presiden. Sebelumnya, ia telah mengunjungi Beijing untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Tokyo untuk bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Dari kedua kunjungan tersebut, baik Xi maupun Kishida sepakat untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia di bawah kepemimpinan baru yang akan dipegang oleh Prabowo.