Masa Pengabdian Prabowo Subianto di TNI

by -107 Views

28 tahun Prabowo Subianto mengabdi di TNI dengan prestasi demi prestasi yang ia capai sebagai prajurit, menjadikannya salah satu prajurit TNI paling legendaris. Pasukan Prabowo berhasil menangkap Presiden Fretilin, mencapai puncak Everest, dan membebaskan sandera di belantara Papua. Prabowo juga dikenal sebagai penembak terbaik di TNI dan salah satu pendiri satuan anti teror Den 81.

Prabowo dilantik sebagai lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) Magelang oleh Presiden Suharto pada tahun 1974. Dalam penugasan pertamanya ke medan perang, pasukan di bawah kepemimpinan Prabowo berhasil menetralisir Presiden Fretilin, Nicolau Lobato, dalam operasi pencarian dan penyerbuan pada Desember 1978. Prabowo waktu itu menjabat sebagai kapten yang memimpin 28 pasukan elit.

Selama bertugas di Batalyon 328, Prabowo berhasil melakukan transformasi batalyon tersebut menjadi pasukan yang disegani dan legendaris hingga sekarang. Prabowo dikenal sebagai prajurit multi-talenta yang menjadi andalan dalam lomba ketepatan menembak, lomba marathon, dan lomba ketangkasan prajurit di TNI.

Prabowo meyakini bahwa seorang pemimpin militer harus memimpin dari garis depan. Hal ini terbukti dengan kehadiran Prabowo di garis terdepan baik sebelum maupun setelah menjadi seorang Jenderal. Pada tahun 1981, Prabowo bersama Luhut Pandjaitan dikirim ke Jerman oleh Benny Moerdani untuk mengikuti kursus anti teror dengan GSG9. Mereka kemudian mendirikan pasukan antiteror yang diberi nama Detasemen 81.

Prabowo berhasil memimpin operasi penyelamatan peneliti Ekspedisi Lorentz 95 yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka dalam operasi pembebasan sandera Mapenduma pada tahun 1996. Tim Prabowo juga sukses mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Everest, menjadi negara pertama di kawasan tropis dan Asia Tenggara yang mencapai prestasi tersebut.

Sebagai Danjen KOPASSUS, Prabowo juga berhasil mengharumkan nama KOPASSUS di tingkat internasional dengan berbagai prestasinya. KOPASSUS diakui sebagai salah satu pasukan elit terbaik dunia dengan kesejahteraan yang terbaik dan kelengkapan militer yang setara dengan satuan elite lainnya.

Source link